Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Okt 2020 15:58 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Serunya Camping di Gunung Merbabu Via Selo

Aisyah Pretty R
detikTravel
Gunung di Jawa Tengah.
Foto: (pretty_asha/d'Traveler)
Boyolali -

Camping di Gunung Merbabu jadi salah satu aktifitas yang menyenangkan. Bisa jadi opsi setelah pandemi mereda.

Sedang merencanakan liburan singkat bersama sahabat? Camping dapat menjadi solusi untuk mengisi liburanmu. Salah satu tempat rekomendasi untuk camping adalah lereng Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah. Ada banyak jalur untuk menuju Gunung Merbabu. Salah satu jalur yang cukup terkenal adalah melalui Selo, Boyolali.

Hal yang paling menarik jika ke Merbabu melalui Selo adalah pemandangan Gunung Merapi yang tampak jelas. Gunung Merapi tampak seperti lukisan dari lereng Gunung Merbabu.

Jika tidak kuat untuk menuju puncak Merbau jangan khawatir. Lereng Merbabu dapat menjadi solusi. Meskipun berada di lereng Merbabu tetapi pemandangannya pun tak kalah menarik.

Untuk camping di lereng Merbabu, wisatawan dapat menuju ke Embung Manajar terlebih dahulu. Embung Manajar ini terletak di kabupaten Selo, Boyolali. Dari Embung Manajar wisatawan dapat tracking menuju camping ground lereng Merbabu.

Camping ground di lereng Merbabu terletak di atas Embung Manajar. Jadi wisatawan masih perlu tracking kurang lebih setengah jam menuju camping ground.

Gunung di Jawa Tengah.Panorama Merapi dari Merbabu (pretty_asha/d'Traveler)

Namun, jika tidak kuat tracking jangan khawatir. Banyak jasa ojek yang akan mengantarkan untuk sampai di camping ground. Untuk sekali jalan hanya perlu membayar sekitar Rp 30.000 dari Embung Manajar. Jadi jika membawa barang bawaan cukup banyak, tukang ojek ini cukup membantu.

Kondisi jalan menuju camping ground dari Embung Manajar cukup sempit, berkelok-kelok dan terjal. Jadi harus siap-siap adrenalin jika menggunakan ojek.

Pada malam hari udara di lereng Merbabu cukup dingin. Jadi jangan lupa membawa pakaian tebal ya. Dari lereng Merbabu gemerlap lampu dari lereng Merbabu terlihat jelas. Di pagi hari matahari terbit juga terlihat dari tempat ini.

Untuk dapat camping di lereng Merbabu dikenakan biaya kebersihan Rp 25.000 untuk satu tendanya. Jika tidak membawa kayu bakar, pihak pengelola menyediakan kayu bakar. Satu ikat kayu bakar sekitar Rp 25.000 dan sudah diantar hingga camping ground.

Pihak pengelola camping ground ini masih satu tim dengan Embung Manajar. Jadi dari camping ground lereng Merbabu wisatawan bisa mampir ke Embung Manajar.

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dapat menitipkan di rumah pengelola loh. Ya, pengelola di tempat ini sangat ramah.

Tips jika ingin camping di lereng Merbabu adalah gunakan sepeda motor yang sehat dan siapkan perbekalan yang cukup ya.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Aisyah Pretty R dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Pria Beristri Cabuli Sepupu Sendiri, Modusnya Latihan Reproduksi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA