Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Okt 2020 16:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ciamis Punya Kedai Kopi di Dalam Bis

Dadang Hermansyah
detikTravel
Cikobis
Ciamis Kopi Bis atau Cikobis (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Bagi warga Ciamis ada wahana wisata baru di Ciamis. Namanya Cikobis atau Ciamis Kopi Bis! Cikobis merupakan program Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis. Ini jadi cara lain untuk menikmati segelas kopi sambil berkeliling destinasi wisata Ciamis.

Cikobis ini masih dalam tahap percobaan belum resmi diluncurkan. Namun banyak warga yang sudah penasaran dengan Cikobis ini, terutama para penggemar kopi yang ingin segera merasakan sensasi minum kopi sambil jalan-jalan.

Cikobis ini menggunakan bus pada umumnya. Namun interiornya diubah menjadi seperti kafe, yang mana joknya saling berhadapan dengan meja di tengahnya dengan kapasitas 20 orang. Program Cikobis ini BPPD bekerjasama dengan PO Bus asal Ciamis asli yakni Sumber Jaya Trans.

Direktur Eksekutif BP2D Ciamis Tommy Surjanto mengatakan selama pandemi Covid-19, industri pariwisata ikut terkena dampak. Namun pihaknya harus terus berinovasi agar pariwisata di Ciamis bangkit tapi tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

CikobisCikobis Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

"Ini inovasi baru dari kami untuk menggairahkan pariwisata di Ciamis. Sekarang sudah tahap percobaan dan segera diluncurkan," ujar Tommy, Selasa (6/10/2020).

Tommy menjelaskan konsep Cikobis ini pada intinya tak jauh berbeda dengan Bus Gatrik, yakni mengelilingi perkotaan Ciamis dan trip ke destinasi wisata. Tapi bedanya, di dalam bus disulap menjadi sebuah kafe dengan kedai kopi di dalamnya.

Bahkan ada berbagai cemilan khas Ciamis berupa galendo, makaroni, sale pisang dan lainnya. Ditambah lagi ada pemandu atau guide untuk menjelaskan setiap tempat yang dilewati atau dikunjungi.

Tentunya dalam masa pandemi ini, kapasitas Cikobis akan dibatasi sesuai protokol kesehatan. Pengunjung pun diharuskan pakai masker dan cuci tangan terlebih dulu.

CikobisCikobis Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Untuk bisa menggunakan wahana Cikobis ini, berdasarkan informasi, wisatawan cukup mengeluarkan tiket Rp 50 ribu saja. Itu termasuk include fasilitas Bus wisata ber-AC, 1 gelas kopi panas atau dingin sesuai selera dari Majikan Coffee, Snack cemilan khas Ciamis dan kelengkapan pertolongan pertama.

Untuk rutenya, start dari Turis Informasi Center Ciamis-Handapherang-Jalan Lingkar Selatan-Taman Makam Pahlawan-Taman Lokasana dan kembali ke TIC. Dengan estimasi perjalanan sekitar 2 jam.

CikobisCikobis Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Namun berbeda lagi bila memesan untuk perjalanan ke destinasi wisata. Dan beberapa trip pilihan lainnya, dengan harga tiket menyesuaikan per orangnya. Untuk awal ini ada 2 armada Cikobis yang disediakan.

Jadi bagi warga Ciamis atau penikmat kopi yang ingin merasakan sensasi minum sambil jalan-jalan, tunggu saja Cikobis ini diluncurkan dalam waktu dekat.



Simak Video "Nikmatnya Nyeruput Kopi di atas Bus Sambil Keliling Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA