Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Okt 2020 15:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Ciamis: Kampung Teratai Baru Buka Langsung Jadi Primadona

Dadang Hermansyah
detikTravel
Wisata Ciamis Kampung Teratai
Kampung Teratai menjadi destinasi favorit di Ciamis, Jabar (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Ciamis -

Daftar wisata Ciamis, Jawa Barat bertambah panjang. Kampung Teratai yang Instagramable muncul dan langsung menarik perhatian wisatawan lokal.

Wisata Kampung Teratai berada di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tepatnya, di Jalan Bojong Salawe Cimaragas.

Untuk ke lokasi cukup mudah karena tak jauh dari pinggir jalan. Jaraknya, sekitar 30 menit dari pusat perkotaan Ciamis.

Tempat ini dibangun di lahan milik swasta, yang memang khusus dibangun untuk berwisata. Disebut Kampung Teratai karena di lokasi tersebut terdapat banyak bunga teratai yang tumbuh di kolam-kolam milik warga.

Wisata Ciamis Kampung TerataiWisata Ciamis Kampung Teratai memang memiliki kolam dengan bunga teratai. (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Meskipun baru dibuka pada awal bulan September, namun destinasi ini sudah banyak dikunjungi wisatawan. Terutama, pada akhir pekan pengunjung bisa sampai ratusan orang.

Banyak spot foto menarik dan wahana permainan anak membuat Kampung Teratai mendadak hits. Tiket masuknya pun cukup terjangkau Rp 5 ribu per orang dan Rp 2 ribu untuk parkir motor.

Spot foto yang ada di wisata Kampung Teratai itu mulai dari sepeda bunga, payung geulis, rumah hobbit, lorong bambu, ayunan Ora umum, dan masih banyak yang lainnya kini masih dalam tahap penataan.

Berbagai wahana anak pun tersedia seperti ayunan, hammock, kolam renang mini dan sepeda air. Bagi yang ingin bersantai tersedia beberapa saung atau gazebo yang bisa dimanfaatkan. Juga beberapa tempat duduk di beberapa titik.

"Mulai dibuka untuk umum sejak September kemarin. Bukan launching, sebab masih dalam penataan. Tapi, karena sudah banyak pengunjung yang datang dan beberapa spot sudah siap kenapa tidak dimanfaatkan untuk masyarakat," ujar Manajer Pengelola Wisata Kampung Teratai, Ninding Kosmana, saat ditemui di lokasi wisata.

Wisata Ciamis di Kampung TerataiWisata Ciamis di Kampung Teratai memiliki spot Instagramable yang beragam.(Dadang Hermansyah/detikTravel)

Ninding menjelaskan tempat wisata ini disebut Kampung Teratai karena salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah bunga teratai. Nah, yang ingin menyaksikan bunga teratai mekar, pengunjung harus datang pagi-pagi sampai dengan jam 09.00. Kesiangan sedikit saja, misi itu bisa gagal, karena pada siang hari bunga mulai menutup dan akan kembali mekar pada malam hari.

"Pengunjung juga banyak yang penasaran naik sepeda air, karena memang wahana ini cukup jarang ditemui. Tiketnya Rp 10 ribu per jam," katanya.

Ninding juga mengatakan tujuan pembangunan wisata ini supaya daerah Cimaragas lebih dikenal lagi. Selama ini Cimaragas yang merupakan salah satu daerah di Ciamis tapi tidak banyak orang tahu.

Wisata Ciamis di Kampung TerataiWisata Ciamis di Kampung Teratai mempunyai spot payung geulis yang pas buat berfoto. Foto: Dadang Hermansyah/detikTravel

Seorang pengunjung, Virni, mengatakan baru pertama kali datang ke Kampung Teratai. Ia penasaran karena belakangan ini banyak dibicarakan dari mulut ke mulut sampai di media sosial.

"Memang tempatnya menarik, banyak spot fotonya. Hanya saja mungkin belum selesai semua. Jaraknya dari pertokotaan Ciamis juga tidak begitu jauh, jalannya bagus. Ini tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi," kata dia.

Jadi, andai traveler sedang berwisata di Ciamis, jangan buang kesempatan untuk singgah ke sini.



Simak Video "Kampung Teratai, Destinasi Wisata Baru di Ciamis yang Lagi Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA