Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Okt 2020 21:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pangandaran Dari Atas Bukit Cakep Juga

Faizal Amiruddin
detikTravel
kawasan Bukit Damai Indah di Dusun Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran.
Menikmati Pangandaran dari bukit Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Berwisata ke Kabupaten Pangandaran tak selalu berkaitan dengan pantai. Cobalah menikmati juga bentangan alamnya dari ketinggian.

Pangandaran, daerah dengan 10 wilayah kecamatan dan merupakan kabupaten di Jawa Barat ini, identik dengan pantai. Padahal, Pangandaran juga memiliki banyak destinasi wisata yang mengeksplorasi keindahan perbukitan.

Salah satunya, kawasan Bukit Damai Indah di Dusun Cikubang, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Sesuai namanya, destinasi berkonsep rumah makan dengan fasilitas istirahat ini berada di atas bukit. Pengelola menata bukit menjadi taman-taman yang indah. Saung-saung didirikan di atas bukit, sehingga pengunjung langsung disuguhi panorama alam Pangandaran dari ketinggian.

Hamparan sawah dengan segala aktivitas petani dan hijaunya hutan memberikan efek ketenangan bagi para pengunjung. Hembusan angin dan hawa sejuk memberikan kesegaran di tengah cuaca panas khas daerah pesisir.

kawasan Bukit Damai Indah di Dusun Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Bagi yang gemar berfoto, jangan khawatir di kawasan ini banyak spot foto yang Instagramable dengan view Pangandaran. Replika bulan sabit dan tangan raksasa menjadi spot foto ikonik dari lokasi ini.

Sementara itu, sajian kuliner yang disuguhkan juga cukup menggugah selera. Jangan lewatkan kenikmatan menyantap nasi liwet khas Bukit Damai Indah. Disandingkan dengan bakar ikan bumbu kacang atau gurihnya sop pindang gunung, nasi liwet seakan mengalir cepat ke dalam lambung.

"Nasi liwetnya ditaburi irisan rawit, jadi pedas segar. Bumbu ikan bakarnya juga enak, ada hangat-hangat dari jahe," kata Dede Ihsan, salah seorang pengunjung.

kawasan Bukit Damai Indah di Dusun Cikubang Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran.Pangandaran dari Atas Bukit Cakep Juga Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Kawasan bukit ini idealnya menjadi lokasi transit sebelum atau sesudah berwisata penjelajahan sungai, baik di Santirah river tubing atau Ciwayang river tubing.

"Kami baru saja berwisata dari Ciwayang, basah-basahan menjelajahi sungai Ciwayang. Kemudian mencoba mampir ke sini, makanannya enak apalagi saat keadaan lapar sehabis menyusuri sungai," kata Ibel, pengunjung asal Tasikmalaya. Dia juga mengaku puas berfoto-foto dengan berbagai latar belakang di Pangandaran.

(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA