Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Okt 2020 05:39 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Belanda, Ini Cuma Bandung, Asyik Buat Libur Cuti Bersama

Siti Fatimah
detikTravel
Kampung Tulip di Bandung
Kampung Tulip di Bandung (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Bandung si Kota Kembang tak habis-habisnya menyajikan tempat wisata unik dan menarik. Salah satunya Kampung Tulip yang bernuansa ala Belanda. Siapa tahu bisa menjadi pilihan liburan saat cuti bersama.

Lokasinya berada di Banyu Biru, Jalan Pasir Pogor Raya Jalan Ciwastra, Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Akses jalan ke Kampung Tulip ini cukup mudah dari jalan utama, cukup ikuti arah Jalan Ciwastra menuju Jalan Pasir Pogor.

Saat memasuki ke area Kampung Tulip ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan bangunan khas negeri Kincir Angin. Warna-warna terang dari setiap bangunan ibu kota Amsterdam juga dihadirkan untuk menambah nuansa Belanda.

Apalagi, ada penyewaan pakaian tradisionalnya yang disebut kladerdracht dan topi runcingnya nenjekitcer. Pemilik Kampung Tulip Mohamad Ziko (34) mengatakan, tempat wisata ini sudah ada sejak 2016 lalu.

Kampung Tulip di BandungKampung Tulip di Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Berawal dari tanah milik keluarga, ia melihat potensi wisata di Bandung Timur. Dengan luas kurang lebih 8.000 meter persegi, Ziko menyulap daerah yang dikenal gersang menjadi penuh warna.

"Awalnya saya juga tidak sengaja, tapi karena sayang tanahnya tidak digunakan jadi mulai dimanfaatkan untuk spot foto wisata. Konsep Belanda karena dulu adik saya kuliah di sana dan lihat foto-fotonya bagus-bagus jadilah tema Belanda yang sederhana," kata Ziko saat ditemui detikTravel beberapa waktu lalu.

Sama dengan tempat wisata lainnya, Kampung Tulip juga sempat tutup selama pandemi COVID-19. Namun pesonanya tak pudar meskipun dihadapi dengan pandemi.

Saat dibuka kembali sekitar satu bulan yang lalu, mereka tetap menyediakan fasilitas yang menarik mulai dari permainan anak-anak, food court, wisata air perahu dayung dan perahu gowes hingga pemeliharaan spot foto yang terjaga. Nah pas kan buat liburan cuti bersama?

Kampung Tulip di BandungKampung Tulip di Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

"Sekarang banyak yang bertanya, sudah buka atau belum. Mungkin karena masih khawatir tempat wisata belum buka atau pandemi. Jadi kita sudah buka dan anak-anak juga bisa datang ke Kampung Tulip, bisa untuk tempat wisata keluarga," ujarnya.

Selanjutnya>>> Cara Pesan Tiket

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Berbagai Kesenian dari Bambu, Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA