Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Okt 2020 14:38 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukit Bintang Bandung yang Selalu Menawan

Siti Fatimah
detikTravel
Bukit Bintang Bandung
Bukit Bintang (Siti Fatimah/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Di daerah Kabupaten Bandung, ada tempat wisata yang tidak kalah menarik. Buat yang mau foto-foto, coba datang ke Bukit Bintang.

Bukit bintang, bukit seluas 12,20 hektar ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Tidak hanya pemandangan bukit pada umumnya saja tetapi wisatawan bisa menikmati beberapa objek wisata sekaligus dalam satu tempat seperti Dermaga Bintang, Puncak Bintang, dan Hutan Pinus.

Menariknya, hutan pinus di bukit bintang lebih tertata dan punya jalan setapak. Di jalan setapak inilah sering dijadikan spot foto pengunjung. Hampir seluruh area wisata ini di kelilingi pohon pinus.

Berada di ketinggian 1.442 meter di atas permukaan air laut membuat hutan pinus memiliki udara sejuk. Semakin larut, udara akan semakin dingin, jadi usahakan membawa jaket jika berlibur ke sini.

Beranjak ke objek wisata lain, ada Dermaga Bintang yang diresmikan pada tahun 2016 lalu. Lokasinya tak jauh dari hutan pinus, hanya berjalan sekitar 200 meter.

Bukit Bintang BandungBukit Bintang Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Dari atas dermaga, wisatawan bisa melihat pemandangan alam Bandung. Terkadang juga pemandangan diselimuti kabut tipis sesaat setelah hujan. Apalagi pemandangan khas pedesaan juga menjadi daya tarik tersendiri saat melihat dari ketinggian.

Lewat dermaga ini, bukit bintang dikenal dengan wisata malamnya. Namun selama pandemi COVID-19, jam kunjungan pun dibatasi hingga pukul 18.00 WIB.

Selain dermaga, ada Puncak Bintang dengan pemandangan yang lebih menakjubkan. Di malam hari, hamparan bintang dan gemerlap lampu kota bisa buat pengunjung terpana.

Puncak Bintang di Patahan Lembang ini sering dijadikan spot berfoto dan berburu sunset atau sunrise. Dengan pemandangan alam terbuka, foto yang dihasilkan lebih ciamik saat matahari tenggelam.

Keseluruhan objek wisata ini bisa didapat di Bukit Bintang yang berlokasi di Cimenyan, Kabupaten Bandung. Asep Hendar selaku pengelola dari Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) mengatakan, selama libur panjang ini kunjungan terus mengalir dengan dibatasi 70% dari kapasitas yang ada.

"Mulai hari ini Alhamdulillah selalu ada, walaupun kepotong hujan tapi masih ada wisatawan yang datang, kapasitas total bisa sampai 5.000 orang tapi kan dibatasi jadi sekitar 700 orang perhari," katanya saat ditemui detikcom.

Bukit Bintang BandungBukit Bintang Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

"Kita imbau pengunjung untuk selalu menggunakan masker saat masuk ke area Bukit Bintang dan pemeriksaan suhu," tambah Asep.

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap mulai dari area parkir, gazebo, toilet, mushola hingga area camping. Khusus camping masih belum dibuka hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Pengunjung cukup membayar Rp 15.000 untuk tiket masuk dan dapat mengelilingi wisata bukit bintang dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Bukit Bintang BandungBukit Bintang Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)


Simak Video "Mengenal Remaja Pemulung yang Viral Baca Al-Quran di Trotoar Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA