Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Nov 2020 11:46 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menikmati Sajian Ketan di Pinggir Telaga Ngebel Ponorogo

Charolin Pebrianti
detikTravel
Sajian Ketan di Pinggir Telaga Ngebel
Foto: Menikmati ketan dengan keindahan Telaga Ngebel (Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Makanan tradisional ini ternyata ada di salah satu warung di lingkar Telaga Ngebel, Ponorogo. Berbagai macam varian ketan tersedia, mulai dari ketan durian, mangga, nangka, alpukat dan belasan varian lainnya.

Siapa sangka, ketan yang biasanya jadi jajanan tradisional ternyata rasanya menggunggah selera saat dipadukan dengan parutan keju, susu dan topping yang beraneka ragam.

Sajian Ketan di Pinggir Telaga NgebelSajian Ketan di Pinggir Telaga Ngebel Foto: (Charolin Pebrianti/detikcom)

Pemilik pos ketan, Hadi Santoso menjelaskan dirinya memang ingin mengangkat menu tradisional dengan cita rasa kekinian.

"Kalau di sekitar telaga Ngebel ini biasanya warung makan itu menunya ikan bakar, nah saya ingin cari yang berbeda. Akhirnya mengangkat menu makanan tradisional, ketan dengan berbagai varian topping. Ada belasan varian topping," tutur Hadi kepada detikcom, Minggu (1/11/2020).

Berbekal pengalamannya menjadi asisten chef di Singapura, Hadi pun membuka warung khusus ketan. Ternyata sejak awal dibuka hingga saat ini, banyak peminatnya.

"Dulu awal 150 sampai 200 porsi per hari, waktu Januari 2020 buka," terang Hadi.

Sajian Ketan di Pinggir Telaga NgebelSajian Ketan di Pinggir Telaga Ngebel Foto: (Charolin Pebrianti/detikcom)

Ternyata makin lama, lanjut Hadi, peminatnya bertambah. Sekarang dalam sehari dia mampu menghabiskan 8 kilogram ketan, bahkan saat liburan akhir pekan bisa menghabiskan 16 kilogram ketan.

"Banyak yang suka ketan, paling andalan disini ketan durian sama ketan varian buah, ada alpukat, nangka, mangga. Ada juga yang ketan original," tandas Hadi.

Meski sempat mengalami lockdown saat pandemi COVID-19 selama 3 bulan. Ternyata peminatnya masih banyak. Terbukti dari awal dibuka New normal, pembeli banyak yang mampir ke warung miliknya.

"Disini selain ketan, ada juga minuman dan menu makanan," ujar Hadi.

Sajian Ketan di Pinggir Telaga NgebelSajian Ketan di Pinggir Telaga Ngebel Foto: (Charolin Pebrianti/detikcom)

Untuk satu porsi ketan yang original dibanderol dengan harga Rp 8 ribu sedangkan yang berbagai macam topping mulai dari Rp 10 ribu.

Salah satu penikmat ketan, Aji Perdana mengaku senang dengan varian ketan nangka yang ia nikmati. Menurutnya, cita rasa ketan yang gurih bercampur dengan manisnya keju dan susu semakin menambah nikmat.

"Rasanya enak, apalagi dinikmati pas hangat bersama teman, pemandangannya Telaga Ngebel juga. Jadi nikmat sekali, harganya juga murah. Yang penasaran wajib dicoba," pungkas Aji.



Simak Video "Geger Warga Ponorogo Gotong Jenazah Lewati Sungai-Jalan Ekstrem"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA