Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Nov 2020 15:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pangandaran Punya Kampung Turis Pamugaran yang Hits di Malam Hari

Faizal Amiruddin
detikTravel
Tempat wisata di Pangandaran.
Kampung Turis Pamugaran, Pangandaran (Faizal Amiruddin/detikTravel)
Pangandaran -

Meski belakangan ini tingkat kunjungan wisatawan ke pantai Pangandaran cenderung menurun, namun para pelaku usaha wisata terus melakukan penataan dan mempercantik kawasan pesisir pantai. Seperti yang dilakukan oleh para pengelola restoran dan cafe di kawasan Kampung Turis Pamugaran Pangandaran.

Di pusat kuliner ini, para pelaku usaha terus berlomba-lomba menata keindahan demi memikat wisatawan untuk singgah. Alhasil kini kawasan itu semakin cantik terutama di malam hari.

Wisatawan bisa menghabiskan malam di restoran-restoran yang berderet di kawasan ini. Warna-warni lampu dengan beragam konsep desain eksterior dan interior bisa menjadi sarana berfoto sambil menikmati ragam kuliner. Suara debur ombak dan kelap-kelip lampu perahu nelayan di laut membuat wisatawan kerasan berlama-lama di kawasan ini.

"Kampung Turis Pamugaran kini semakin cantik, bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan malam saat berlibur di Pangandaran," kata Ihsan Rifai wisatawan asal Bandung, Rabu (4/11/2020) malam.

Tempat wisata di Pangandaran.Tempat nongkrong baru di Pangandaran (Faizal Amiruddin/detikTravel)

Dia mengaku terkesan dengan perubahan yang terjadi di kawasan Kampung Turis Pamugaran. "Ini baru ya?, Sebelumnya tak sebagus dan seramai ini. Dulu hanya ada beberapa restoran saja, kini semakin banyak," kata Ihsan.

Sebelumnya Pjs Bupati Pangandaran Dani Ramdan mengatakan penataan wisata ke arah barat pantai Pangandaran atau ke kawasan Pamugaran ini sengaja dilakukan untuk menyebar titik keramaian.

"Jadi keramaian tidak hanya terkonsentrasi di pantai barat dan pantai timur saja, namun harus menyebar pula ke kawasan lain," kata Dani. Langkah ini pun bisa menambah pilihan bagi wisatawan sekaligus memperluas manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Dia menyatakan apresiasi terhadap pihak swasta atau investor yang mulai menata kawasan Kampung Turis tersebut. Di pihak lain pemerintah pun menurut dia sudah melakukan upaya dengan melakukan kerjasama dengan pihak swasta untuk membangun alun-alun di kawasan Pamugaran.

"Pemerintah membangun alun-alun Paamprokan di Pamugaran. Saya kira ini akan menunjang upaya membuat simpul-simpul keramaian baru di Pangandaran," kata Dani.

Tentunya traveler bisa menjadikan kawasan Kampung Turis Pamugaran sebagai opsi wisata kuliner ketika malam hari tiba.



Simak Video "Usai Gempa M 5,6, Pengunjung di Pantai Pangandaran Masih Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA