Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Nov 2020 06:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Penyu Bertelur di Pantai Sukamade Banyuwangi, Penuh Perjuangan!

Deny Prastyo Utomo
detikTravel
Berwisata di Taman Nasional Meru Betiri tidak lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Sukamade. Pantai tersebut merupakan salah satu tempat penyu-penyu bertelur.
Penyu Bertelur di Pantai Sukamade, Banyuwangi Foto: Deny Prastyo Utomo
Banyuwangi -

Berwisata di Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi tidak lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Sukamade. Pantai tersebut merupakan salah satu tempat penyu-penyu bertelur.

Lokasi Pantai Sukamade sendiri dari loket Taman Nasional Meru Betiri di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, sekitar 23 kilometer dengan melewati tiga sungai dangkal yakni Sungai Tumur Gunung, kemudian Sungai Bitek yang berbentuk S dan Sungai Sukamade, dengan melintasi tiga sungai tersebut, petualangan lebih seru dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Namun jalur tersebut bisa berubah jika saat terjadi banjir. Alternatifnya melintasi satu Sungai Getekan di Sumbersuko dan jarak tempuhnya cuma 17 kilometer.

Saat detikcom menuju lokasi Pantai Sukamade, beruntung bisa melihat beberapa satwa yang menghuni lokasi Taman Nasional Meru Betiri mulai Lutung yang sedang bergelantungan.

Tidak hanya itu, Ayam Alas juga terlihat sedang mencari makan di tengah semak-semak. Tidak hanya itu, burung Gagak yang nangkring di pohon sengo. Elang Laut berwarna abu-abu juga terlihat memunggungi jalan. Bahkan selama perjalanan juga beruntung melihat seekor merak dari kejauhan sekitar 400 meter.

Namun sayang karena peralatan kamera yang kurang mendukung, beberapa hewan tersebut tidak mampu terdokumentasi dengan baik.

Perjalanan berlanjut, medang yang naik turun dan terjal membuat adrenalin meningkat. Tiba di lokasi di tempat penginapan dan penangkaran penyu di Sukomade, puluhan monyet pun menyambut turun dari pohon dan mencari makanan.

Setelah berada di lokasi, pihak pengelola Taman Nasional Meru Betiri di penangkaran penyu Sukamade menjadwal melihat penyu yang mendarat untuk bertelur di tepi pantai. Sekitar pukul 20.00 WIB, perjalanan dilanjutkan. Petugas tidak memperbolehkan menyalakan cahaya apapun, termasuk senter, handphone dan suara keras.

"Semua peserta wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Selama perjalanan semuanya tidak boleh memakai pencahayaan baik itu senter atau alat cahaya yang lain, bahkan HP. Begitu juga saat di pantai dilarang menyalahkan cahaya," kata Rendra petugas observasi di Pantai Sukamade, Sabtu (21/11/2020).

Saat perjalanan menuju pantai, ada seekor rusa berukuran besar sedang melintas dibalik pepohonan yang terlihat dengan cahaya senter petugas.

Selanjutnya: Saatnya melihat penyu bertelur di Taman Nasional Meru Betiri!

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menilik Penyu-penyu Bertelur di Pantai Sukamade Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA