Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Des 2020 18:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kedai Teh Pertama di Kuningan, Hadirkan Sensasi Minuman Teh ala Kekinian

Bima Bagaskara
detikTravel
Kedai RomanTEAka
Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Musim hujan tiba, menikmati secangkir teh bisa jadi pilihan untuk menghangatkan tubuh dikala cuaca sedang dingin. Di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terdapat satu kedai teh yang baru saja dibuka.

Kedai RomanTEAka namanya. Sebuah kedai teh yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kelurahan Kuningan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan.

Kedai teh yang satu ini sangat cocok dikunjungi pada saat musim hujan sekarang. Terlebih, letak Kabupaten Kuningan yang berada di kaki Gunung Ciremai membuat cuaca di Kota Kuda ini sangat dingin manakala hujan turun.

Ada banyak jenis teh yang tersedia di kedai ini. Tentunya teh di Kedai RomanTEAka ini merupakan single origin atau teh asli, bukan teh celup maupun teh bubuk yang biasa ada di rumah.

"Kedai RomanTEAka ini hadir untuk membuat suasana baru industri kuliner di Kuningan bahwa bukan hanya kedai kopi saja yang ada di Kuningan tapi ada juga kedai teh," ucap Dani Ramdani pengelola Kedai RomanTEAka saat dijumpai detikcom Jumat (10/12/2020).

Kedai RomanTEAkaKedai RomanTEAka Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Ada empat jenis teh yang menjadi signature di Kedai RomanTEAka yakni white tea, green tea, olong tea dan blend tea. Untuk blend tea sendiri, merupakan campuran antara daun teh asli dengan berbagai jenis bunga.

Bagi Anda yang merupakan tea addict tentu tidak asing dengan jenis-jenis teh single origin tersebut. Namun tidak sedikit juga masyarakat Kuningan yang belum mengenal teh single origin.

"Masyarakat perlu edukasi tentang teh. Seperti halnya kopi tadinya masyarakat hanya mengenal teh sachet tanpa mengenal daun teh itu seperti apa, pohonnya kaya apa, jenisnya apa aja itu banyak orang yang tidak tahu," ungkap Dani.

"Di sini ada white tea, green tea dan olong tea kemudian ada blend tea. Blend tea itu teh yang dicampur dengan berbagai macam jenis bunga atau tumbuhan. Selain hal itu kita mengenalkan berbagai olahan teh yang dicampur dengan susu," lanjutnya.

Kedai RomanTEAkaKedai RomanTEAka Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Teh single origin yang ada di Kedai RomanTEAka saat ini berasal dari daerah-daerah penghasil teh seperti Bandung dan Jawa Tengah.

Namun kata Dani, ke depan Kedai RomanTEAka akan menghadirkan teh asli Kabupaten Kuningan yang menurutnya saat ini sudah sulit bahkan langka didapatkan.

"Mungkin nanti kita akan hadirkan teh dari Kuningan yang asli dari Ciremai, kita menemukan beberapa pohon teh sisa zaman dulu nanti akan kita coba tanam lagi dan dihadirkan di sini," tandasnya.

Selain bisa menikmati teh single origin, Anda juga bisa bersantai di Kedai RomanTEAka dengan berfoto karena kedai ini didesain dengan gaya minimalis dan sangat cocok untuk menambah koleksi foto di media sosial.



Simak Video "Bakso Lava Kuah Barbeque di Kuningan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA