Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Des 2020 10:39 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Krokoh, Terdengar Asing namun Terlihat Asri

Ardi Gunawan, D
detikTravel
Pantai Krokoh
Foto: (Ardi Gunawan/d'travelers)
Jakarta -

Pertama kali yang kita bayangkan ketika nama Gunungkidul disebut pasti wisata pantainya. Ya memang tidak salah.

Salah satu Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini di bagian Selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Memiliki garis pantai yang membentang sepanjang kurang lebih 73 Kilometer, tentu jadi daya tarik yang kuat di sektor pariwisata, tentu saja Wisata Pantai.

Jika Pantai Krakal, Baron, Kukup, Pulang Syawal sudah terlalu sering teman-teman kunjungi dan mudah dijumpai fotonya di internet, kali ini saya akan mengajak teman-teman d'Traveler mengintip keasrian Pantai yang masih sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Pantai KrokohPantai Krokoh Foto: (Ardi Gunawan/d'travelers)

Pantai Krokoh, sebuah nama yang terdengar sedikit aneh, entah mbah-mbah jaman dahulu terinspirasi dari apa sehingga menamainya Krokoh, menurut saya ini nama yang sangat anti mainstream. Tapi saya tidak mau membahas soal nama terlalu jauh, lebih baik teman-teman saya kasih sedikit bocoran mengenai keindahan dan keasrian pantai yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah ini.

Secara geografis terletak di Padukuhan Putat, Kalurahan Songbanyu, Kapanewon Girisubo sudah bisa diakses menggunakan kendaraan Roda Dua maupun Roda Empat satu tahun belakangan ini. Rute menuju Pantai Krokoh memang sedikit membingungkan, sebab dari jalan utama harus memasuki Perkampungan terlebih dahulu, namun tenang saja optimalkan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) agar bisa sampai di Lokasi. Pantai Krokoh terletak 5km sebelah Timur Pelabuhan Sadeng.

Meskipun tanggal tua tidak perlu khawatir berlibur di sini, cuma jangan lupa bawa Bekal dari Rumah ya, sebab belum ada Pedagang, meskipun sudah dibuka untuk umum belum ditarik retribusi tiket masuk.

Pantai ini sering dipakai untuk kemping bagi anak-anak muda ketika weekend, mungkin mereka memilih tempat ini dengan alasan masih Sepi dan Asri, benar-benar masih Alami, karena sangat alami belum ada sarana MCK.

Berbentuk teluk namun bentangan pasir tidak terlalu luas, di sebelah barat terdapat tebing yang saking tingginya seolah menyangga langit, di sebelah timur ada Goa Kelelawar dan pasirnya putih bersih. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk traveler yang menyukai tantangan.

---

Artikel merupakan kiriman pembaca detikcom, Ardi Gunawan dan telah ditayangkan melalui rubrik d'traveler. detikers bisa bergabung dengan d'traveler dengan mengirimkan artikel dan foto lewat sini.



Simak Video "My Trip My Adventure: Sensasi Main Fliteboard Berkecepatan 40 Km/Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT