Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Des 2020 19:54 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kebumen Juga Punya Gua yang Instagramable

Gua di Kebumen.
Foto: (gemabayu48/d'Traveler)
Kebumen -

Kebumen tak melulu tentang pantai, pesona guanya tak kalah menarik. Seperti Goa Jatijajar, wisata alam yang indah sekaligus murah.

Goa Jatijajar ini berada di Jalan Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Gua ini hanya berjarak 32 kilometer (km) atau 1 jam dari Kota Kebumen.

Gua Jatijajar ini memiliki panjang 250 meter, tinggi 12 meter, lebar 15 meter dan berada di ketinggian 50 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Gua ini menawarkan pesona lewat bentuknya yang indah, lewat stalagtit dan stalagmit atau batuan gua yang menggantung di dinding dan di lantai gua. Terbentuknya batuan gua ini butuh proses yang sangat lama.

Gua di Kebumen.Gua di Kebumen (gemabayu48/d'Traveler)

Mulai dari tetesan air yang mengendap dengan kapur, dalam satu tahun hanya memanjangkan 1 cm. Kalau kamu melihat batuan gua yang berupa tiang, ini terbentuk atas pertemuan stalagtit dan stalagmit.

Di dalam gua terdapat 4 sungai, yaitu: Sungai Puser Bumi, Sungai Jombor, Sungai Mawar dan Kantil. Saat ini baru hanya Sungai Mawar dan Sungai Kantil yang dibangun, sisanya masih alami.

Gua di Kebumen.Interior dalam gua (gemabayu48/d'Traveler)

Gua ini juga dipercantik dengan 8 diorama dan 32 patung yang mengisahkan legenda Raden Kamandaka Putera Mahkota dari Kerajaan Pajajaran atau dikenal Lutung Kasarung dengan versi cerita rakyat Jawa Tengah.

Patung-patung ini juga diberi lampu-lampu dan terlihat lebih estetik. Sepanjang jalan gua juga dilengkapi penerangan yang memadai. Saat di dalam gua perlu hati-hati karena cukup licin.

Setelah menikmati gua, kawasan ini punya taman labirin cocok buat jadi tempat santai dan tempat main anak-anak. Fasilitas lain yang tersedia adalah toilet, mushola, tempat makan dan parkir.

Parkir kendaraan harus di dalam kawasan Goa Jatijajar, jangan di luar karena ada parkir liar. Tarif parkir resmi Goa Jatijajar untuk mobil Rp 5.000 dan motor Rp 2.000. Gua ini buka dari 07.30-16.00.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel Gema Bayu Samudra dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Jalan Utama Wonosobo-Kebumen Putus Total, Ini Jalur Alternatifnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA