Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Des 2020 17:08 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Destinasi Wisata di Nusa Penida yang Jarang Kamu Dengar

Caroline Pan
detikTravel
Pariwisata di Pulau Nusa Penida akan segera dibuka kembali dengan menetapkan protokol kesehatan di era tatanan baru.
Foto: Dok. Humas Kabupaten Klungkung
Jakarta -

Nusa Penida dihebohkan dengan aksi turis Rusia yang membuang motor ke laut demi konten. Kamu perlu tahu nih Nisa Penida menyimpan banyak wisata tak biasa.

Pulau Nusa Penida yang terletak 45 menit dari pelabuhan Sanur dahulu digunakan untuk pengasingan Kerajaan Klungkung tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan. Pulau yang terpisah dengan Bali ini kini semakin dikenal dan ramai pengunjung karena pemandangan laut birunya yang jernih dan cocok untuk snorkeling.

Tak hanya itu, Nusa Penida ternyata juga memiliki lokasi wisata yang sedikit berbeda dari biasanya, seperti Bukit Tanglad yang dipenuhi oleh rerumputan hijau berbentuk seperti gundukan.Dirangkum detikcom, berikut destinasi wisata yang mungkin jarang kamu dengar yang ada di Nusa Penida.

1. Bukit Tanglad

Tidak hanya terkenal karena lautnya yang cantik untuk snorkeling, ternyata Nusa Penida punya spot wisata dengan paduan pemandangan hijau dan langit yang cantik, lho! Sering disebut Teletubbies Hill kali ini masuk sebagai destinasi pertama.

Jarang- jarang bukan melihat pemandangan selain laut biru di Bali? Selain memenuhi kejenuhan liburan di pantai Bali, kamu bisa menikmati lahan hijau muda yang dipadukan dengan langit jingga keunguan jika kamu bersabar menunggu sampai sore hari.

Warga lokal bukit yang dahulu bernama Pohon Gamal dahulu datang ke bukit ini untuk mengambil pakan ternak. Kini, Bukit Tanglad sudah menjadi salah satu destinasi wilayah terkenal Nusa Penida.

[Gambas:Instagram]



2. Pelabuhan Tanah Ampo

Dahulu direncanakan untuk menerima kapal pesiar mewah dari luar negeri, pelabuhan ini tidak selesai dan kini menjadi salah satu lokasi wisata di Nusa Penida, cocok banget untuk kamu yang ingin memisahkan diri dari keramaian sejenak.

Pelabuhan di Kabupaten Karangasem ini wajib masuk ke daftar wishlist kamu! Suasananya yang sunyi dan sepi daripada daerah Bali lainnya bisa memenuhi kebutuhan me time. Kini dipenuhi dengan kapal nelayan, tempat ini cocok untuk menikmati kekentalan budaya Bali lebih lagi dan sering digunakan untuk memancing.

3. Air Terjun Yeh Labuh

[Gambas:Instagram]



Destinasi ketiga ini juga terletak di Karangasem. Bagi kamu yang ingin mencoba petualangan dengan rintangan alam level menengah, air terjun ini pas untuk kamu! Demi mencapai air terjun ini, kamu perlu melewati sungai dan bebatuan.

Saat sudah sampai nanti, kamu akan menyaksikan air terjun setinggi 35 meter dengan tempat air terjun pertama atau Tibu Kresek merupakan tempat yang lebih rendah daripada Tibu Tengah.

Air terjun yang kini perlahan dikenal oleh turis juga sudah lengkap dengan tempat parkir, kamar mandi, tempat istirahat, dan lain-lain, jadi kamu tidak perlu khawatir!

4. Gua Jepang Klungkung

Tempat bersejarah peninggalan Jepang, gua ini menyimpan cukup banyak misteri. Puluhan tahun lalu dipakai untuk berlindung diri dari tentara sekutu saat Perang Dunia II, masyarakat setempat meyakini adanya 'penghuni' di dalamnya.

Menariknya, gua ini memiliki 16 bolongan berbentuk setengah lonjong ke atas di tebing berbatu breksi vulkanis. Uniknya, 2 bolongan di utara dan selatan 16 bolongan Gua Jepang Klungkung tidak berhubungan dengan satu sama lainnya, berbeda dengan 14 golongan yang tersisa.

5. Istana Taman Ujung Sukasada

Didirikan oleh Raja Karangasem di tahun 1901 dan selesai pada tahun 1921, Istana Taman Ujung dulu hanya dipakai sebagai lokasi menjamu tamu dan peristirahatan raja. Juga merupakan salah satu peninggalan sejarah, destinasi ini sering disebut sebagai bangunan perpaduan budaya Bali, Tiongkok, dan Eropa, terlebih ketika memang adanya keterlibatan arsitek mancanegara dalam pembangunan tempat ini.

Selain bangunan arsitekturnya yang memikat, pemandangan istana ini juga dipercantik dengan beraneka ragam bunga yang tumbuh dan dirawat oleh pengelola. Ditambah turis juga disuguhi pemandangan Bukit Bibis.

Dalam bangunan utama istana yang dikenal sebagai Balai Gili Ikan Bangi terdapat beberapa lokasi yang ditunjukkan sebagai lokasi tempat tidur raja dan anak-anaknya. Diikuti dengan Balai Lunjuk dengan pemandangan penuh airnya dan Balai Kapal yangcocok menjadi lokasi berfoto ria.



Simak Video "Disambut Penyu Pantai Toyapakeh Nusa Penida"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA