Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Des 2020 14:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kayu Aro Tanah Surga di Kaki Gunung Kerinci

Riyanto Toto
detikTravel
Pekerja menyortir daun teh usai dipetik di perkebunan PTPN VI, Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Senin (3/8/2020). PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI menyebutkan produksi teh nasional hingga bulan Juni 2020 tercatat sebesar 1.801 ton atau meningkat 52 ton dibanding periode tang sama tahun lalu. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/wsj.
Ilustrasi kebun teh Kayu Aro (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Jakarta -

Sebagai salah satu pusat wisata di Kabupaten Kerinci, Kayu Aro memiliki beragam objek wisata dengan pemandangan yang luar biasa. Surga buat traveler.

"Kerinci sekepal tanah surga yang dicampakkan ke bumi".

Mungkin ungkapan tersebut tidaklah berlebihan, sebab daerah berhawa dingin di Jambi itu memang bak surga. View-nya menawan di dalam kawah yang berpagar bukit barisan. Komplet dengan gunungnya, Gunung Kerinci, yang tercatat sebagai gunung tertinggi di Sumatera.

Menjangkau Kerinci memang cukup sulit, butuh tenaga ekstra karena perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Traveler juga harus melewati jalan-jalan meliuk yang memutari bukit dan lembah, sesekali menanjak dan sesekali menurun. Bagi yang mabuk perjalanan, ada baiknya berbekal obat anti mabuk.

Kota kecil ini dikelilingi belantara yang lebat maka tak heran jika daerah ini menjadi salah satu hutan konservasi tumbuhan dan satwa.

Tapi, lelahnya perjalanan itu akan sirna setelah traveler menapakkan kaki di kota ini.

Salah satu keajaiban Kerinci yang terkenal seantero dunia adalah Gunung Kerinci. Setiap tahunnya pendaki gunung, baik lokal atau mancanegara, berebut mencapat puncaknya.

Selain Gunung Kerinci, Kayu Aro juga memiliki kebun teh yang luas. Tepat, di kaki Gunung Kerinci.

Katanya, kebun teh Kayu Aro merupakan yang terluas di Indonesia dan tertinggi kedua di dunia. So, cita rasa tehnya terbaik di Indonesia.

Jika berkendara dari Sungai Penuh menuju Kayu Aro maka setelah melewati Siulak, traveler bisa menyaksikan bentangan panorama kebun teh yang hijau sepanjang jalan yang menyejukkan mata. Itu membuat mata rileks. Apalagi ketika langit sedang cerah, maka akan menyajikan mozaik pemandangan yang menakjubkan.

Selain kebun teh, daerah Kayu Aro juga memiliki kopi yang khas. Kopi di ini telah diolah secara profesional, bahkan di beberapa tempat kopi, pengunjung bisa melihat langsung menyaksikan proses pengolahan kopi dari awal.

Beberapa tempat kopi yang cukup terkenal di Kayu Aro adalah ALKO, HT Kopi, dan KEM Arabica Kerinci.

Berkunjung ke Kayu Aro sudah tidak perlu repot lagi mencari penginapan, karena sekarang sudah cukup banyak penginapan yang hadir disini, dan hampir semuanya menyajikan pemandangan Gunung Kerinci yang mewah.

Beberapa penginapan yang ada di Kayu Aro seperti Swarga Lodge, Bintang Kerinci Hotel, Family Homestay, Pelangi Guest House, Keyna Homestay, Labora Homestay, Penginapan Subandi, Kerinci View, Mangun House, dan Homestay Een.

Selain itu, di Kayu Aro juga terdapat Rawa Bento yang merupakan rawa tertinggi di Indonesia. Rawa ini juga terkenal dengan wisata eksklusif, karena kita tidak bisa setiap hari bisa mencapai tempat ini, traveler harus melihat keadaan debit air sungai terlebih dahulu.

Soal pemandangan jangan ragukan lagi, Rawa Bento terkenal dengan spot camping kelas sultan karena pemandangannya yang megah menyajikan padang hijau, sungai, burung-burung liar dan tentunya Gunung Kerinci.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kebun Kayu Manis, Keseharian Warga Kerinci, Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA