Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Des 2020 16:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Harus Coba! Kafe Modern di Perbatasan RI-Malaysia

Syanti Mustika
detikTravel
cafe tasbara
Foto: (Syanti/detikcom)
Sambas -

Siapa bilang tidak ada kafe di pos perbatasan negara? Nih di Aruk ada kafe yang tidak kalah asyik dengan kafe-kafe di kota besar lho.

Tapal Batas detikcom bekerjasama dengan BRI berkunjung ke perbatasan Indonesia dan Aruk menjadi salah satu tujuannya. Aruk berada di wilayah Kabupaten Sambas.

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk dibangun dengan konsep wisata. Jadi jangan heran jika di sekitar pos lintas, kamu menemukan rest area lengkap dengan pasar wisatanya.

cafe tasbaraFoto: (Syanti/detikcom)

Menariknya, ada satu kafe di sana yang berkonsep seperti kafe-kafe di kota besar. Dan kafe ini pun menjadi primadona bagi kaum muda di kawasan perbatasan.

"Kafe ini bernama Tasbara, dimana namanya diambil dari posisinya yang berada di lintas batas negara. Konsep dari kafe kita ini adalah ingin memajukan kopi-kopi Indonesia dan bisa bersaing dengan kopi Malaysia," cerita Muhammad Iqbal Raihantama, salah satu barista Tasbara kepada detikcom.

"Adapun unggulan dari kafe ini adalah kopi arennya," tambahnya.

cafe tasbara Foto: (Syanti/detikcom)

Sama seperti kafe-kafe di kota besar, tempat ini juga menyajikan beragam olahan kopi dan minum lainnya. Juga ada cemilan ringan yang asyik dinikmati saat nongkrong bersama teman-teman.

Di masa pandemi ini, protokol kesehatan tetap diberlakukan bagi pengunjung kafe. Para barista dan pelayan pun mengenakan masker saat melayani pengunjung.

Semakin malam, pengunjung semakin ramai. Kafe juga memutarkan musik hingga suasana santai semakin enak.

cafe tasbara Foto: (Syanti/detikcom)

Walau berada di perbatasan, kafe tetap ramai pengunjung. Tak hanya kawula muda, ada juga orang dewasa dan keluarga yang menghabiskan waktu di Tasbara.

"Kita setiap harinya ada pengunjung. Namun yang paling ramai itu pada hari Sabtu dan Minggu. Bahkan sebelum pandemi, orang Malaysia juga ramai ke kafe," ujar Iqbal.

Walau sedang berada di perbatasan, bukan berarti traveler tidak bisa melakukan transaksi tunai lho. Jika ingin datang ke merasakan wisata di PLBN Aruk traveler tidak perlu banyak-banyak membawa uang tunai, karena bisa melakukan tarik tunai di sini.

Tidak jauh dari PLBN Aruk terdapat ATM BRI yang hanya berjarak lebhi kurang 4 Km saja. patokannya adaalh Puskesmas Sajingan Besar. Mesin ATM BRI bisa kamu temukan di sana.

Untuk harga, Tasbara bisa dikatakan tidak terlalu mahal. Olahan minuman pun mereka patokan harga mulai dari Rp 18 ribuan. Kamu harus coba nongkrong di perbatasan!

---


Ikuti terus jelajah Tapal Batas detikcom bersama BRI di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Sensasi Ngopi di Perbatasan Aruk-Malaysia ala Tasbara Coffe Shop"

[Gambas:Video 20detik]




(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA