Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Des 2020 08:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Aruk, Sisi Lain Indahnya Barat Tanah Borneo

Syanti Mustika
detikTravel
Kawasan hutan lindung yang menyimpan beragam flora langka, menjadi objek wisata favorit di perbatasan Indonesia-Malaysia. Seperti saat akan menuju PLBN Aruk, Sambas, Kalbar, sepanjang jalan disisi kanan maupun kiri disuguhi oleh panorama keindahan kawasan hutan tropis maupun perbukitan.
Pesona Aruk, perbatasan Indonesia dengan Malaysia (Rengga Sancaya/detikTravel)
Jakarta -

Berkunjung ke daerah perbatasan kamu akan membawa banyak cerita. Salah satunya Aruk, daerah perbatasan negara Indonesia-Malaysia yang ada di Kalimantan Barat.

Apa yang traveler bayangkan dengan daerah perbatasan? Jauh? Terpelosok? Akses ke sana susah? Tidak ada jaringan internet? Sulit menemukan hotel, tempat makan atau kafe? Aruk di Kalimantan Barat akan menangkis semua pertanyaan kamu.

Itulah yang kami temukan, Tim Tapal Batas detikcom yang bekerjasama dengan BRI, saat berkunjung ke Aruk di Kabupaten Sambas. Kawasan di perbatasan Aruk membuat kami tercengang.

Indonesia tidak pernah kekurangan destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi. Perbatasan Aruk, Kalimantan Barat, juga menyajikan alam yang indah.Indonesia tidak pernah kekurangan destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi. Perbatasan Aruk, Kalimantan Barat, juga menyajikan alam yang indah. Foto: Rengga Sancaya

Butuh waktu hampir delapan jam untuk kami bisa sampai ke Aruk dari Pontianak. Kami membayangkan nanti pasti jalanannya kecil atau beton biasa. Namun salah, jalanan menuju Pos Lintas Batas Negara Aruk sudah aspal dan cukup lebar.

Satu jam sebelum sampai di PLBN Aruk, mata kami dihibur oleh hijaunya hutan Kalimantan. Kiri kanan jalan kami hanya melihat pepohonan saja. Sesekali kami melewati rumah penduduk, bahkan sekolah. Sepi, tak ada mobil yang rapat di jalanan atau sepeda motor yang kebut-kebutan. Kami juga melewati perkebunan sawit di jalanan berkelok yang membelah hutan Kalimantan.

Selama perjalanan kami juga melihat banyak tempat-tempat cantik untuk berburu foto. Tentu saja fotonya hamparan pepohonan yang menjulang di hutan Aruk. Namun kami mengurungkan niat dan berencana pagi-pagi hari akan melewati jalan ini lagi.

Indonesia tidak pernah kekurangan destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi. Perbatasan Aruk, Kalimantan Barat, juga menyajikan alam yang indah. Foto: Rengga Sancaya
Indonesia tidak pernah kekurangan destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi. Perbatasan Aruk, Kalimantan Barat, juga menyajikan alam yang indah. Foto: Rengga Sancaya

Benar saja bayangan kami. Pagi begitu indah di jalanan Aruk. Kabut yang menutupi hijaunya hutan perlahan berangsur hilang. Cahaya matahari pun mulai muncul, tapi cuaca tetap dingin pagi itu. Maklum, sedang musim hujan dan kita juga berada di ketinggian hutan.

Tak ingin kami melewatkan momen, kami pun mengabadikan harmonisasi alam dalam gambar.

Udara terasa begitu segar. Tak akan kami temukan kesegaran ini di ibukota. Tidak akan kami rasakan ketenangan ini di ibukota. Inilah sisi lain Aruk, inilah sisi lain Tanah Borneo. Segar dan tenang.

Terbayar lelah kami yang menempuh perjalanan hampir 8delapan jam ini karena keindahan dan segarnya suasana di Aruk ini.


---


Ikuti terus jelajah Tapal Batas detikcom bersama BRI di tapalbatas.detik.com!



Simak Video "Kisah Petani di Perbatasan Aruk yang Kini 'Merdeka'"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA