Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Des 2020 12:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nikmati Telaga Ngebel Ponorogo dari Ketinggian, Cobalah ke Adventure Park-nya

Ngebel Adventure Park Ponorogo
Ngebel Adventure Park Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Mengisi waktu liburan akhir tahun tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata. Meski ditengah pandemi COVID-19, Ngebel Adventure Park (NAP) Ponorogo tetap bisa dikunjungi wisatawan.

Ngebel Adventure Park berada di kawasan alam terbuka seluas 4 hektar. Namun traveler yang datang haruslah menjalankan protokol kesehatan secara lengkap mulai dari jaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

"Lokasi NAP berjarak satu hingga dua kilometer dari Telaga Ngebel," tutur Sub Unit Bumdes Barokah Desa Ngebel Arif Rusman kepada detikTravel, Sabtu (26/12/2020).

Sesampainya di lokasi, wisatawan langsung cek suhu dan diwajibkan mencuci tangan. Tempat parkir yang lumayan luas bisa untuk mobil dan sepeda motor.

"Biaya tiket masuk per orang Rp 5 ribu, untuk parkir motor Rp 2 ribu, mobil Rp 3 ribu," terang Arif.

Di sini, wisatawan disuguhi pemandangan telaga Ngebel dari ketinggian. Selain itu, tampak taman dan beberapa spot foto serta wahana yang bisa dicoba. Mulai dari sepeda udara, ayunan, flying fox dan motor ATV. Tiap wahana, bisa dicoba dengan tarif yang sudah ditentukan.

Berada di alam terbuka tentu jadi pilihan saat menghabiskan waktu liburan. Di Ngebel Adventure Park wisatawan bisa menikmati pemandangan Telaga Ngebel dari ketinggian. Ditemani dengan hawa sejuk khas pegunungan semakin menambah kenyamanan.

Ngebel Adventure Park PonorogoNgebel Adventure Park Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)

"Di sini juga tersedia warung milik warga Ngebel, kalau ada wisatawan yang mau jajan atau makan," ujar Arif.

Arif menerangkan awalnya, tahun 2018 lalu bersama Pokdarwis, Karang Taruna dan tokoh pemuda masyarakat Desa Ngebel berinisiatif membuat tempat wisata yang pantas dijual di Desa Ngebel.

"Apalagi pemandangan Telaga Ngebel dari atas lebih bagus, jadi kita bikin wisata edukatif," kata Arif.

Di NAP ini, lanjut Arif, tersedia wahana rekreasi, juga outbond, bumi perkemahan, penginapan. Tentu jadi pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin berwisata sekaligus ada nilai edukasi.

"Di Ngebel Adventure Park ada cottage atau pondok wisata dengan pemandangan langsung ke Telaga Ngebel terutama saat sunset," ujar Arif.

Namun Arif mengingatkan bagi para wisatawan yang ingin menginap harus booking lewat media sosial instagram @ngebeladventurepark. Sebab, selama ini para penginap biasanya harus mengantre.

Ngebel Adventure Park PonorogoNgebel Adventure Park Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)

"Banyak yang mau nginap sini soalnya viewnya Telaga Ngebel, terus tempatnya juga unik," papar Arif.

Arif mengaku awalnya pembuatan lokasi wisata ini karena pengajuan proposal ke Kemendes PDTT tahun 2018 dan disetujui. Hingga berlanjut bulan Desember 2019.

"Setelah satu tahun berjalan, tahun 2020 Januari dan Februari, terus Ngebel Adventure Park kena lockdown, baru Juli kemarin mulai lagi hingga sekarang," imbuh Arif.



Simak Video "Bayi Ditemukan di Masjid Ponorogo, Entah Anak Siapa"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA