Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Jan 2021 10:46 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Libur Tahun Baru, Saatnya Jajal Wisata Air di Bandung Barat

Whisnu Pradana
detikTravel
Libur Tahun Baru, Saatnya Menjajal Wisata Air di Bandung Barat
Foto: Sanghyang Heuleut (Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Momen libur tahun baru yang masih tersisa beberapa lagi tentunya mesti dimanfaatkan untuk sebaik mungkin. Bertamasya ke kawasan wisata di Kabupaten Bandung Barat bisa jadi pilihan terbaik.

Bandung Barat yang terkenal dengan beberapa wisata alam baik gunung dan curug memiliki beberapa destinasi favorit yang bisa dijajal.

Berikut beberapa objek wisata alam yang bisa dinikmati travellers sambil menyegarkan badan dengan berenang di aliran air dari gunung.

1. Sanghyang Heuleut

Salah satu destinasi wisata tersembunyi yang berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Keindahan danau kecil dengan air berwarna hijau yang dikelilingi bebatuan besar itu sangat cocok untuk anda yang ingin melakoni wisata air.

Anda yang ingin berpetualang ke Sanghyang Heuleut sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang fit dan prima. Sebab, dari lokasi parkir dan loket pembayaran yang berada di sekitar PLTA Saguling, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer.

Kedalaman air dan tingginya tempat loncat pun sangat cocok bagi anda adrenalin junkie. Jangan khawatir, jika tak bisa berenang pengelola sudah menyiapkan pelampung yang disewakan seharga Rp 10 ribu saja.

Untuk menikmati Sanghyang Heuleut, anda cukup membayar Rp 15 ribu per orang. Harga yang masih tergolong murah jika dibandingkan dengan suguhan panorama alam dan keindahan tempat wisatanya.

Libur Tahun Baru, Saatnya Menjajal Wisata 'Air' di Bandung BaratLibur Tahun Baru, Saatnya Menjajal Wisata 'Air' di Bandung Barat Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)

2. Curug Layung

Berada di ketinggian 1.409 mdpl, Curug Layung bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi anda yang bosan dengan liburan di kawasan perkotaan. Tak ada salahnya menjajal Curug Layung lho.

Untuk menuju Curug Layung ini terdapat dua jalur yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Gapura Komando kemudian melintas di depan objek wisata Dusun Bambu, maupun lewat jalur objek wisata CIC (Ciwangun Indah Camp).

Jika anda berangkat dari arah Kota Bandung, untuk menuju ke lokasi ini bisa melalui Jalan Setiabudhi, dan masuk ke Jalan Cihideung (depan Terminal Ledeng). Sementara jika pengunjung berasal dari arah Cimahi, wisatawan bisa melalui Jalan Kolonel Masturi menuju Kecamatan Cisarua.

Tepat di Gapura Komando (Dusun Bambu) masuk terus ke arah utara sekitar 500 meter. Jangan khawatir, kendaraan roda empat pun bisa mengakses jalur ini. Kemudian, ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang Wisata Curug Layung.

Di sini anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk seharga Rp 10 ribu. Perjalanan ke area curug pun bisa dinikmati karena melewati jalur di tengah hutan dengan deretan pinus. Ada beberapa spot swafoto berlatar panorama alam yang menenangkan mata.

Libur Tahun Baru, Saatnya Menjajal Wisata 'Air' di Bandung BaratLibur Tahun Baru, Saatnya Menjajal Wisata 'Air' di Bandung Barat Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)

3. Curug Cipanas

Destinasi wisata alam di Bandung Barat yang juga belum banyak diketahui pengunjung ialah Curug Cipanas. Lokasinya berada di perbatasan antara Kampung Nagrak, Kecamatan Lembang dengan Kampung Kancah, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Di Curug Cipanas, pengunjung bisa menikmati wisata air panas yang mengalir dari Gunung Tangkuban Parahu ke kolam alami dengan tiga undakan. Kedalaman kolam yang tak terlalu dalam membuat Curug Cipanas aman untuk anak-anak.

Tiket masuk yang dipatok untuk pengunjung dewasa seharga Rp 20 ribu sementara pengunjung anak-anak seharga Rp 15 ribu. Perjalanan dari lokasi parkir ke area curug pun tak terlalu jauh, hanya 5 menit.

Libur Tahun Baru, Saatnya Menjajal Wisata 'Air' di Bandung BaratLibur Tahun Baru, Saatnya Menjajal Wisata 'Air' di Bandung Barat Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)



Simak Video "Simak! Penjelasan Lengkap Satgas Covid-19 soal Aturan Selama Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA