Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Jan 2021 16:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Selayar, Tempat Ditemukannya Seaglider Misterius

Putu Intan
detikTravel
Pantai Pinang Selayar Sulawesi Selatan
Selayar di Sulawesi Selatan. (Foto: Trans TV)
Jakarta -

Masyarakat geger dengan ditemukannya seaglider atau drone laut oleh nelayan lokal di perairan Selayar. Wilayah Selayar sendiri terkenal akan wisata pantainya nan eksotis.

Penemuan seaglider yang bentuknya mirip rudal jelas bikin masyarakat kaget. Apalagi belakangan hasil identifikasi mengungkap bahwa benda itu milik China.

Seaglider ini pertama kali ditemukan nelayan bernama Saeruddin (60) di perairan Pulau Bonerate yang terletak di selatan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Pulau ini diketahui berbatasan langsung dengan Laut Flores.

Luas Selayar dan Arti Nama Selayar

Kepulauan Selayar merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang luasnya lebih dari 10 ribu kilometer persegi. Nama Selayar berasal dari kata cedaya yang dalam bahasa Sansekerta berarti satu layar. Konon, dulu perahu-perahu sering singgah di pulau tersebut.

Dewasa ini, selain menjadi kawasan nelayan melaut, Kepulauan Selayar juga dikenal sebagai destinasi wisata. Setidaknya terdapat 123 pulau di sana, di mana 20 berpenduduk sedangkan 103 lainnya masih tak berpenghuni.

Setiap pulau memiliki pantai yang indah. Beberapa yang terkenal adalah Pantai Talloya (Desa Bungaya), Pantai Ngapolohe (Desa Bonea Makmur), Pantai Babaera (Desa Bontomarannu), Pantai Liang Tarussu dan Pantai Jeneiya (Desa Bontobarusu), Pantai Bolaiya (Desa Patilereng), Pantai Patumbukang dan Apatana (Desa Loak), dan lain-lain.

Selain itu, di Kepulauan Selayar juga terdapat Taman Nasional Takabonerate yang dikenal sebagai taman laut dengan atol terbesar ketiga di dunia. dikutip dari situs Kementerian Kelautan dan Perikanan, luasan terumbu karang di sana mencapai lebih dari 33 ribu hektar.

Cara Menuju Selayar

Untuk menuju Kepulauan Selayar, traveler dapat mengandalkan transportasi laut atau udara. Jika berangkat dari Jakarta, traveler dapat terbang menuju Makassar yang ditempuh dalam waktu 2 jam.

Setelah itu, traveler dapat melanjutkan penerbangan ke Selayar dengan mendarat di Bandara H. Aroeppala atau menggunakan jalur darat yang diteruskan dengan jalur laut.

Jika memilih opsi kedua, traveler harus menempuh perjalanan dari Makassar menuju Bulukumba, baru kemudian menyeberang ke Selayar menggunakan kapal ferry. Penyeberangan itu memakan waktu sekitar 2 jam sebelum akhirnya bersandar di Pelabuhan Selayar.



Simak Video "Temuan 'Drone' Bawah Laut di Selayar: Bukan Milik TNI, Punya Siapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA