Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Jan 2021 15:13 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Flora dan Fauna Khas Indonesia Bagian Timur, Kamu Tahu Nggak Ya?

Rosmha Widiyani
detikTravel
Burung Paruh Bengkok ( Nuri, Betet, Kakaktua)
Foto: dikhy sasra/Flora dan Fauna Khas Indonesia Bagian Timur, Kamu Tahu Nggak Ya?
Jakarta -

Flora dan fauna khas Indonesia bagian timur tentu berbeda dengan barat serta tengah. Untuk tanaman (flora) kondisi ini dipengaruhi iklim, jenis tanah, relief atau tinggi rendah permukaan bumi, dan pengaruh makhluk hidup (biotik).

Sedangkan keanekaragaman hewan (fauna) dipengaruhi keadaan alam, gerakan tiap makhluk hidup, dan rintangan alam. Dengan kondisi alam yang berbeda, flora dan fauna khas Indonesia bagian timur biasanya tidak ditemukan di wilayah lain.

"Wilayah Indonesia adalah negara yang kaya sumber daya alam. Salah satunya adalah keanekaragaman flora dan fauna yang selalu mendorong peneliti menjelajah alam Indonesia," tulis slide Flora dan Fauna Indonesia dari Jurusan Pendidikan Geografi UPI, Bandung.

Keanekaragaman flora dan fauna khas Indonesia bagian timur:

A. Keanekaragaman flora khas Indonesia bagian timur

1. Hutan hujan tropis

Bentang alam hutan hujan tropis terdapat di daerah yang memiliki curah hujan tinggi. Selain itu, Indonesia dilalui garis khatulistiwa yang memungkinkan mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Di wilayah timur, hutan hujan tropis terdapat di Papua.

2. Sabana

Wilayah sabana adalah padang rumput luas diselingi pohon yang tumbuh bergerombol. Sabana biasa ditemui di daerah dengan curah hujan sedikit. Di Indonesia, wilayah sabana bisa ditemui di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

3. Stepa

Stepa adalah padang rumput luas yang cocok untuk peternakan. Bentang alam ini biasa ditemukan di Nusa Tenggara Timur yang minim curah hujan. Stepa tidak diselingi tanaman layaknya sabana.

4. Hutan bakau (mangrove)

Hutan bakau yang mampu menahan abrasi dan sebagai tempat hidup hewan ini tumbuh di pantai yang berlumpur. Di wilayah timur Indonesia, hutan bakau biasa ditemukan di pantai Papua.

B. Keanekaragaman fauna khas Indonesia bagian timur

Indonesia memiliki tiga kelompok hewan seperti dilaporkan Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber. Berikut penjelasannya

1. Fauna tipe asiatis

Kelompok fauna ini menempati bagian barat Indonesia, sehingga mungkin tidak ditemukan di wilayah timur. Golongan ini terdiri atas hewan menyusui berukuran besar yaitu gajah, harimau, badak, beruang, orang utan.

2. Fauna tipe Australis

Golongan ini berada di bagian timur Indonesia meliputi Papua dan pulau sekitarnya. Jenis hewan ini adalah burung kakatua, cenderawasih, kanguru, dan burung kasuari.

3. Fauna tipe peralihan

Kelompok fauna tipe peralihan berada di wilayah Indonesia bagian tengah yaitu Sulawesi dan Nusa Tenggara. Jenis golongan ini misalnya kuskus, babi rusa, burung maleo, dan anoa.



Simak Video "Tak Hanya Alamnya, Flora dan Fauna Ini Menakjubkan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA