Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2021 06:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Tempat Wisata Bukittinggi untuk Liburan Seru 2021

Syanti Mustika
detikTravel
Suasana pertokoan di kawasan Jam Gadang yang sepi menjelang malam di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (17/4/2020). Selama masa pandemi COVID-19, tidak ada sama sekali kunjungan wisatawan ke objek wisata aikonik Sumatera Barat itu. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Jam Gadag ikon Bukittinggi (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

5. Lubang Jepang

Lubang Jepang merupakan salah satu terowongan sejarah terpanjang di Asia yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dulunya. Dibangun tahun 1942 dengan panjang 1.400 meter dan 21 lorong.

Lubang Jepang di BukittinggiLubang Jepang di Bukittinggi Foto: Johanes Randy

6. Ngarai Sianok

Indahnya Bukittinggi bisa diwakilkan oleh Ngarai Sianok. Ngarai ini memiliki panjang sekitar 15 Km, kedalaman 100 meter dan lebar 200 meter. Pemandangan di sini indah!

Ngarai Sianok BukittinggiNgarai Sianok Bukittinggi Foto: Aswir Astaman/d'Traveler

Patahan di Sianok ini merupakan bagian dari Patahan (Sesar) Semangko yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung. Sesar Semangko sendiri merupakan lokasi patahan yang membentuk Pegunungan Bukit Barisan.

Ngarai Sianok merupakan wujud visual yang paling jelas dari aktivitas pergerakan lempeng bumi (tektonik) di Pulau Sumatera ini. Proses terbentuknya patahan tersebut menghasilkan sebuah kawasan yang subur dengan panorama yang indah.

7. Rumah Kelahiran Bung Hatta

[Gambas:Instagram]



Destinasi sejarah ini tidak jauh dari Jam gadang. Di sini kamu bisa mengintip seperti apa rumahnya Bung Hatta. Kamu bisa melihat kereta bugi, kamar bujang, ragam dokumentasi dan serba-serbi keluarga Bung Hatta.

8. Janjang Seribu

Janjang Seribu artinya seribu anak tangga. Jika dilihat-lihat ini seperti Tembok Besar China namun versi yang mini.

[Gambas:Instagram]



Di sini kamu akan disajikan pemandangan Gunung Merapi dan Singgalang dan mengarah ke Lubang Jepang.

9. Rumah Pohon Inyiak

Di destinasi ini kamu bisa merasakan bersantai di sejuknya Ngarai Sianok. Di sini konsepnya kekinian dengan rumah-rumah unik yang instagramable. Serta juga ada area taman, hammock dan area camping untuk yang ingin menginap.

Rumah Pohon InyiakRumah Pohon Inyiak Foto: (Syanti Mustika/detikTravel)

10. Pasar Atas dan Pasar Bawah

Nah kamu yang ingin membeli oleh-oleh, datang saja ke Pasar Atas atau Pasar Bawah. Ragam yang dijual di sini, mulai pernak-pernik khas Bukittinggi, baju, serta ragam cemilan untuk dibawa pulang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Jam Gadang Bukittinggi, Warisan Belanda yang Jadi Ikon Kota"
[Gambas:Video 20detik]

(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA