Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Jan 2021 19:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wajib Coba! Ini 5 Wisata Kuliner Legendaris di Kota Malang

Kuliner legendaris Malang
Ilustrasi Cwie Mie (Unsplash)
Malang -

Bakso dan cwie mie adalah kuliner Malang yang tidak boleh dilewatkan. Jika kamu road trip ke Jawa Timur, aneka kedai yang menjual kuliner sejenis wajib dicoba.

Untuk pengalaman kuliner Malang terbaik, Anda bisa datang ke kedai legendaris yang telah ada sejak puluhan tahun lalu. Resep turun temurun yang digunakan menjadi jaminan rasa ketika makan di kedai ini.

Setidaknya ada lima kedai kuliner Malang legendaris yang wajib Anda cicipi saat bertandang ke Kota Apel ini.

  • 1. Depot Hok Lay

Setibanya di Malang, langsung saja meluncur ke Depot Hok Lay yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 10 Sukoharjo. Kuliner Malang ini sudah eksis sejak tahun 1946 dan telah menjadi tempat makan lintas generasi.

Makanan yang wajib dipesan di sini adalah Cwie Mie dan Lumpia. Untuk minumannya, pesan saja Es Fosco yang merupakan es susu coklat yang disajikan dalam botol Coca Cola klasik. Harga makanan di sini pun tidak mahal, hanya berkisar Rp 20 ribuan.

  • 2. Bakso President
Kuliner legendaris MalangIlustrasi bakso bakar Foto: (Unsplash)

Siapa sih yang tidak kenal kuliner Malang yang satu ini? Hadir sejak tahun 1977, kedai bakso yang berlokasi di Jalan Batanghari No. 5 Klojen ini tidak pernah sepi pengunjung.

Selain karena menyajikan bakso kuah, bakso bakar, dan aneka cemilan yang nikmat, bersantap di Bakso President juga memberikan pengalaman tersendiri karena lokasinya berada di pinggir rel kereta yang masih aktif.

Jadi, jangan lupa untuk selalu tengok kanan dan kiri sebelum menyeberang dan nikmati deru lokomotif kereta sebagai suara latar saat makan.

  • 3. Bakso Kota Cak Man
Kuliner legendaris Malangilustrasi bakso malang Foto: (Unsplash)

Salah besar jika Anda berpikir bahwa kuliner Malang ini sama saja dengan yang ada di Jakarta. Datanglah ke kedainya yang berada di Jalan Letjend S. Parman No. 56A Purwantoro. Di sini, Anda bisa menikmati Bakso Kota Cak Man di rumah pertamanya yang berdiri tahun 1993. Selain membuka 15 cabang lain, Cak Man juga menyelenggarakan pelatihan membuat bakso Malang.

  • 4. Pecel Kawi

Kalau Anda tiba pada pagi hari, kuliner Malang satu ini cocok sebagai sarapan. Sudah ada sejak tahun 1975, warung pecel yang berlokasi di Jalan Kawi Atas No. 43B ini adalah salah satu kuliner Malang yang paling cepat habis.

Perpaduan kangkung, tauge, kacang panjang, dan kembang turi berpadu dengan bumbu pecel yang sedikit pedas menjadikannya sarapan yang enak dan sehat. Anda pun bisa membeli bumbu pecel siap pakainya sebagai oleh-oleh.

  • 5. Rawon Nguling

Sudah ada sejak tahun 1983, kuliner Malang ini masih menjadi kedai rawon favorit warga lokal maupun wisatawan. Jangan tertukar, lokasinya berda di Jalan Zainul Arifin No. 62 Klojen.

Kuah hitamnya terasa gurih yang berempah karena dimasak selama belasan jam. Bukan hanya rawon, tersedia pula aneka masakan khas Jawa Timur yang bisa Anda coba.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA