Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jan 2021 19:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Hari Suroto
detikTravel
danau
Foto: (livia_jong/Instagram)
Tomohon -

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Danau ini berjarak sekitar 3 kilometer dari Kota Tomohon dan 30 kilometer dari jantung kota Manado. Danau Tondano ini berada di dua kabupaten di Sulawesi Utara, yakni Kabupaten Tomohon dan Kabupaten Kawangke. Tepatnya, berada di Desa Remboken.

Danau Tonado memiliki ketinggian 600 mdpl. Luasnya sekitar 4.278 hektare dan menjadi danau terluas yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

Kawasan Danau Tondao ini memiliki hawa sejuk dengan diapit tiga gunung dan satu bukit. Yakni, Gunung Lembean, Gunung Kaweng, Gunung Masarang dan Bukit Tampusu serta Gunung Kaweang.

Pemandangan menuju danau ini sangat menarik. Hamparan sawah yang menghijau, sapi yang merumput, desa-desa dengan rumah panggung kayu khas Minahasa di sebelah kiri dan kanan jalan, dengan latar belakang pemandangan Gunung Lokon adalah sajian visual yang indah untuk dinikmati.

Sejumlah aktivitas bisa dilakukan di Danau Tondano. Wisatawan dapat menyewa speed boat untuk berkeliling danau.

Aktivitas lainnya, traveler dapat menikmati pemandangan tepi danau, terkadang nampak burung camar dan elang terbang mencari ikan atau nelayan yang sibuk dengan karambanya.

Keunggulan Danau Tondano adalah wisata kuliner khas Sulawesi Utara yang mudah ditemui di restoran tepian danau. Sajian pisang goreng yang gampang ditemui di Manado juga tersedia di sini.

Restoran-restoran di Danau Tondao juga menyajikan hidangan menu dabu-dabu, tinutuan, ikan sayur woku, yang spesial adalah kuliner berbahan ikan nike Tondano.

Ikan nike Danau Tondano (Awaous melanocephalus) atau dalam bahasa Tondano disebut wurukus. Ikan nike merupakan ikan endemik Danau Tondano, berukuran kecil dengan panjang 2 - 4 cm, bentuknya mirip seperti ikan teri nasi yang kecil dan halus.

Ikan ini diolah menjadi sejenis bakwan nike atau perkedel nike. Kandungan gizi ikan nike Tondano setara dengan ikan salmon.

***

Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Strikee.., Baru Sebentar Langsung Disambar, Memancing di Danau Tondano Minahasa Sulawesi Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA