Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jan 2021 18:14 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bandara Internasional Supadio, Pernah Menyandang Status Terbaik di Dunia

Syanti Mustika
detikTravel
Kabut asap selimuti Bandara Supadio (Antara Foto)
Bandar Udara Internasional Supadio (Antara Foto)
Pontianak -

Pontianak punya Bandara Internasional Supadio. Bandara ini semakin bersolek dan terlihat megah. Kebanggaan Tanah Borneo ini!

Dalam website Angkasa Pura II yang dilihat detikcom, Kamis (14/1/2020) disebutkan bahwa Bandara Internasional Supadio (Supadio International Airport) sebelumnya bernama Bandar Udara Sei Durian atau Bandar Udara Sungai Durian.

Bandara Supadio berada di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Indonesia. Jaraknya dari Kota Pontianak adalah 17 km dengan luas Bandar Udara Internasional Supadio adalah 528 ha.

Sejarahnya bandar udara ini awalnya dibangun pada awal tahun 1940-an sebagai Bandar Udara Sungai Durian. Kemudian tahun 1980-an, bandar udara ini dinamai kembali sebagai Bandar Udara Supadio.

[Gambas:Instagram]



Adapun rute internasional dari bandara ini pertama kali dibuka pada 1989. Dan rute pertamanya adalah ke Bandar Udara Internasional Kuching.

Sekarang, Bandar Udara Internasional Supadio sudah memiliki bangunan terminal baru dengan landasan pacunya yang lebih panjang dan lebar. Pada 2012 tender untuk pelapisan landasan pacu sepanjang 2.250 meter telah dilakukan dan pada awal 2013 pelapisan dilakukan.

spot fotoSpot foto di bandara Foto: (Kurnia/detikTravel)

Di tahun 2017, Bandara Supadio memiliki terminal baru dengan luas 32.000 meter persegi dengan kapasitas 4 juta penumpang per tahunnya. Terminal baru juga dilengkapi dengan 4 (empat) buah garbarata demi kenyamanan penumpang .

Pada tahun 2019 ditambah garbarata ditambah lagi sebanyak 3 (tiga) unit. Jadi di tahun 2020 Bandar Udara Internasional Supadio memiliki total 7 (tujuh) fasilitas garbarata. Adapun panjang landasan pacu, bandara Supadio memiliki panjang 2.600 meter.

Adapun rute domestik yang dilayani dari Bandara Supadio diantaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Yogykarta, Surabaya, Banjarmasin, Ketapang, Palangkaraya, Putussibau, Balikpapan, Makassar, dan Batam. Sedangkan rute internasionalnya menuju ke Kuala Lumpur dan Kuching.

Bandara SupadioBandara Supadio Foto: (Yulianto/d'Traveler)
Bandara Supadio, Pontianak menempati peringkat 1 dunia untuk kategori pada survei Airport Service Quality (ASQ) Quarter II/2017 oleh Airport Council International (ACI).Bandara Supadio, Pontianak menempati peringkat 1 dunia untuk kategori pada survei Airport Service Quality (ASQ) Quarter II/2017 oleh Airport Council International (ACI). Foto: Rachman Haryanto

Maskapai yang melayani penerbangan ke Pontianak diantaranya Lion Air, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, NAM Air, Express Air, Wings Air dan AirAsia.

Pada tahun 2017, Bandara Supadio Pontianak dan Bandara Sultan Thaha Jambi berhasil menempati peringkat satu dunia. Keduanya menjadi terbaik berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) Quarter II/2017.

Kedua bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) itu diberikan penghargaan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi independen beranggotakan 592 perusahaan yang mengoperasikan 1.853 bandara di 173 negara.

Airport Council International melalui survei ASQ ini mendorong agar Bandara-bandara di dunia dapat secara konsisten memberikan pelayanan terbaik. Survei ASQ menjadi tolok ukur dalam industri bandara udara global.

Hasil survei ASQ periode April - Mei 2017 menyatakan, Bandar Udara Internasional Supadio adalah bandara terbaik atau Peringkat 1 dari 80 negara yang mengikuti ASQ pada Kuartal II/2017 untuk kategori bandara berkapasitas 2-5 juta penumpang.



Simak Video "Upacara Adat Memasuki Tahapun, Pemakaman Leluhur Kapuas Hulu"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA