Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Jan 2021 09:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Warga Jakarta, Ini 5 Wisata Alam Terdekat dari Rumahmu

Putu Intan
detikTravel
Tempat rekreasi di Ancol
Wisata alam di Jakarta. Foto: (Wahyupw/d'Traveler)
Jakarta -

Siapa bilang Jakarta hanya punya wisata belanja dan hiburan? Wisata alam di Jakarta bahkan amat cantik dan mudah dijangkau.

Tempat wisata alam di Jakarta ini umumnya bertemakan hutan dan pantai. Jadi, traveler yang ingin merasakan suasana kedua tempat ini, tak perlu pergi jauh ke luar kota.

Berikut ini rekomendasi wisata alam di Jakarta dari detikTravel:

1. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk saat libur Lebaran, Senin (26/6).(Aditya Fajar/detikcom)

Jalan-jalan ke Pantai Indah Kapuk, kurang pas kalau tidak berkunjung ke hutan mangrovenya. Terletak di daerah Penjaringan, Jakarta Utara, hutan ini menawarkan suasana hening di antara hiruk-pikuk ibu kota.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 35 ribu, traveler sudah bisa menikmati hijaunya mangrove sambil berburu foto instagramable. Di sana, traveler juga bisa menyewa perahu atau kano untuk menyusuri sungai yang mirip seperti suasana di Kalimantan.

Selain itu, traveler juga dapat melestarikan mangrove dengan ikut menanam bibit mangrove di lahan seluas 99,82 hektar tersebut. Dengan membayar Rp 150 ribu, traveler sudah berkontribusi untuk melestarikan lingkungan.

Mau mencoba sensasi menginap di hutan mangrove juga bisa kamu lakukan lho. Di Hutan Mangrove PIK ini disediakan sejumlah penginapan dengan beragam fasilitas, mulai dari tenda camping, kamar tanpa AC, kamar dengan AC, hingga villa. Harga sewanya mulai Rp 300 ribu hingga Rp 6 juta per malam.

2. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat, diusulkan untuk menjadi tujuan wisata. Namun, pemerintah harus mengubah wajah hutan kota agar menarik minat wisatawan. Foto: (Arief Ikhsanudin/detikcom)

Mau menikmati wisata alam yang gratis, bisa nih datang ke Hutan Kota Srengseng. Terletak di Jalan Haji Kelik, Jakarta Barat, hutan ini tampak begitu asri.

Hutan Kota Srengseng memiliki 4.000 pohon yang terbagi menjadi 60 varietas. Di sana juga ada danau yang dapat dikunjungi bagi traveler yang suka memancing ikan.

Asyiknya lagi, di sana juga disediakan kawasan bermain anak, trek jogging, serta pujasera yang menjual aneka makanan dan minuman. Hutan ini juga dilengkapi fasilitas seperti toilet dan tempat parkir.

3. Setu Babakan

Belasan destinasi wisata di Ibu Kota terpaksa ditutup sementara imbas virus corona yang merebak. Perkampungan budaya Betawi Setu Babakan juga ditutup.Belasan destinasi wisata di Ibu Kota terpaksa ditutup sementara imbas virus corona yang merebak. Perkampungan budaya Betawi Setu Babakan juga ditutup. Foto: Muhammad Ridho

Dari Jakarta Barat, kita meluncur ke Jakarta Selatan, tepatnya daerah Srengseng Sawah, Jagakarsa. Di sana terdapat tempat wisata gratis yang memadukan konsep alam dan budaya bernama Setu Babakan.

Untuk wisata alamnya, traveler dapat menikmati rindangnya pepohonan serta pemandangan danau yang ciamik. Selain itu, traveler juga dapat mempelajari budaya Betawi serta mencicipi aneka kuliner tradisional Betawi. Asyik, bukan?

4. Allianz Ecopark & Fauland

Taman rekreasi dalam AncolFoto: (dessy3natalia/d'Traveler)

Beralih ke kawasan Ancol, ada sebuah taman kekinian yang menyuguhkan berbagai atraksi dalam satu tempat. Namanya Allianz Ecopark & Fauland.

Nah dari namanya sudah bisa ditebak ya kalau tempat ini memang mengusung konsep ramah lingkungan serta pelestarian hewan. Di sana traveler dapat menikmati taman dan hutan kota, lengkap dengan area outbond, jogging, bersepeda, hingga kuliner.

Di sana juga ada kebun binatang mini yang disebut Fauna Land. Traveler dapat melihat singa putih jantan dan betina dari balik kaca. Selain itu, traveler juga dapat berfoto dengan burung-burung eksotis, seperti kakatua hingga macao.

Untuk bermain di Allianz Ecopark & Faunaland, traveler dikenakan biaya Rp 25 ribu dan jika menikmati sejumlah wahana akan dikenakan biaya tambahan.

5. Pantai Ancol

Pemprov DKI Jakarta menetapkan lagi PSBB Transisi. Ancol pun sudah buka lagi menyambut wisatawan.Foto: Pradita Utama/detikcom

Anak pantai yang sudah rindu deburan ombak, coba deh datang ke Pantai Ancol. Pantai di Ancol terbagi menjadi enam area, yaitu Pantai Karnaval, Festival, Indah, Bende, Ria, dan Beach Pool atau Laguna.

Selain bermain air, traveler juga dapat menyewa boat hingga menjajal outbond yang menantang adrenalin. Bagi yang ingin berbelanja juga dapat mengunjungi Ancol Beach City yang lobinya langsung menghadap bibir pantai.

Untuk menikmati Pantai Ancol, traveler cukup membayar Rp 25 ribu di pintu masuk Ancol. Pantai ini juga buka 24 jam.



Simak Video "Menikmati Suasana Khas Betawi di Perkampungan Budaya Setu Babakan, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA