Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Feb 2021 12:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Puncak Tondongkura Pangkep, Wisata Balon Udara Kekinian

Moehammad Bakrie
detikTravel
Puncak Tondongkura Pangkep
(Moehammad Bakrie/detikcom) Puncak Tondongkura Pangkep
Pangkep -

Alam Sulawesi Selatan yang indah membuatnya jadi incaran wisatawan. Nah, ada obyek wisata baru di sana, namanya Puncak Tondongkura Pangkep.

Tak banyak yang tahu, jika di desa Tondongkura, Kecamatan Tondong Tallasa, Pangkep, Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam yang super ciamik. Salah satunya di Dengeng Highland puncak Tondongkura.

Meski baru dibuka untuk umum, objek wisata yang berada di atas puncak desa ini, menjadi salah satu destinasi wisata kekinian. Selain pemandangan dan suasana sejuk ala pegunungan, di tempat ini terdapat balon udara besar yang dijadikan spot foto.

Bagi traveler yang hendak berkunjung ke lokasi ini, tidak perlu khawatir jika ingin menginap, karena pengelola juga menyiapkan beberapa rumah dan juga tenda untuk penginapan. Kerennya lagi, karena semua fasilitas itu digratiskan.

Puncak Tondongkura PangkepPuncak Tondongkura Pangkep Foto: (Moehammad Bakrie/detikcom)

"Ini baru sekitar 5 bulan, tempatnya masih dalam proses pembangunan. Tapi Alhamdulillah sudah banyak warga yang datang ke sini untuk berwisata. Sampai saat ini, kami memang kasi gratis," kata pengelola, Sofyan, Minggu (14/02/2021).

Lokasi wisata yang berada di perbatasan antara Kabupaten Pangkep dan Bone itu, memang belum terlalu ramai. Karena jaraknya cukup jauh dengan akses jalan yang belum memadai. Dari kota Pangkep sendiri, jarak lokasi ini mencapai 30 kilometer.

"Yah, makanya kami kasih gratis karena kami menghargai warga yang mau bersusah payah datang ke sini. Memang butuh perjuangan untuk sampai ke sini. Tapi kalau sudah ke sini saya jamin tidak akan menyesal," lanjutnya.

Puncak Tondongkura PangkepPuncak Tondongkura Pangkep Foto: (Moehammad Bakrie/detikcom)

Di tempat itu juga, traveler juga bisa menikmati pemandangan air terjun dari kejauhan. Total air terjun yang bisa terlihat dari tempat itu mencapai belasan. Hanya saja, sejumlah air terjun itu belum dikelola dan akses kesana sangat sulit.

"Kalau mau dihitung, dari lokasi ini ada sekitar 12 air terjun yang bisa dilihat dari sini. Cuman memang lokasinya sangat jauh. Nah ada beberapa sih yang bisa didatangi, tapi belum dikelola makanya aksesnya sangat sulit," sebutnya.

Bagi Sofyan, dirinya sangat bersyukur karena potensi wisata di desa ini sudah mulai terekspose keluar. Dampaknya, warga yang sehari-harinya hanya bertani dan berkebun, kini mulai memiliki penghasilan tambahan, seperti jualan makanan dan ada pula yang mulai merintis tempat wisata baru.

"Yah kalau bagi saya sih sudah bersyukur sekali karena ekonomi warga sekitar sudah mulai menggeliat. Sisa pihak pemerintah yang saya rasa bisa mendorongnya. Lokasi ini masih butuh pengembangan utamanya akses jalan," ujarnya.

Sejumlah pengunjung yang datang ke tempat ini memang mengaku jika satu-satunya kendala untuk sampai ke tempat ini adalah akses jalan yang belum memadai. Menurut mereka, potensi wisata yang ada di Tondongkura itu sangat menjanjikan menjadi objek wisata sekelas Malino di Gowa.

"Kalau mau dibandingkan dengan Malino sih, kalahnya hanya akses jalan saja. Pemandangannya jauh lebih indah karena masih sangat alami. Saya tahunya ini dari media sosial," kata salah seorang pengunjung, Anita.



Simak Video "Wanita Pengedar Sabu-sabu di Kendari Merengek Saat Diamankan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA