Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Feb 2021 07:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

8 Wisata Tuban untuk Sesi Liburan Jawa Timur Seru

Syanti Mustika
detikTravel
Pantai Kelapa Tuban
Pantai Kelapa Tuban (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Berlibur ke Tuban, Jawa Timur bisa menjadi pilihan traveler. Ini rekomendasi wisata Tuban untuk seru-seruan.

Tuban sedang menjadi buah bibir setelah aksi warga Desa Sumurgeneng memborong 176 mobil baru usai mendapat ganti rugi lahan kilang minyak oleh Pertamina.

Nantinya, kilang minyak di Tuban itu digarap oleh Raksasa migas Rusia, Rosneft dengan Pertamina. Dalam usaha patungan ini (joint venture), kepemilikan saham Pertamina 55% dan Rosneft 45%.

Selain minyak, Tuban juga memiliki potensi wisata. detikTravel telah merangkum, tempat wisata Tuban yang bisa kamu kunjungi saat menjelajah Jawa Timur.

Berikut delapan destinasi wisata di Tuban:

1. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa terletak di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Berlokasi kurang lebih 5 kilometer dari pusat Kota Tuban, letaknya di utara Jalan Daendels.

Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Panyuran oleh warga sekitar. Lalu, di namakan Pantai Kelapa karena banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai ini.

Pantai Kelapa TubanPantai Kelapa Tuban Foto: Istimewa

2. Pantai Boom

Pantai Boom di Tuban ini merupakan salah satu alternatif lainnya yang harus dijelajahi di Tuban. Bisa dibilang pantai ini salah satu yang populer di sana. Fasilitas publik di sini juga lengkap, kok.

Bila ke sini kamu harus cicipi kuliner seafoodnya, ya. Pantai Boom berada di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

[Gambas:Instagram]



3. Kampung Warna

Desa penuh warna yang dulunya adalah kampung kumuh juga ada di Tuban. Namanya Kampung Warna Tuban.

Konsepnya tidak jauh berbeda dengan Kampung Pelangi Semarang. Rumah penduduk dicat warna-warni hingga terlihat indah dan epik di foto. Desa ini berada di Jalan Panglima Sudirman, Karangsari, Kabupaten Tuban.

4. Klenteng Kwan Sing Bio

Keberagaman juga identik dengan Tuban. Kamu bisa nih berkunjung ke Klenteng Kwan Sing Bio yang berada di Jl. RE. Martadinata No.1, Karangsari, Kabupaten Tuban. Keunikan dari klenteng ini adalah langsung menghadap ke lautan lepas.

Patung Raksasa Klenteng Tuban Kwan Sing Bio (KSB)  Setinggi 30 Meter Runtuh Klenteng Kwan Sing Bio Foto: Chuk S. Widarsha

5. Makan Sunan Bonang

Destinasi religi yang bisa dikunjungi di Tuban adalah makam Sunan Bonang. Sunan Bonang merupakan salah satu Wali Songo yang berperan dalam menyebarkan Islam di tanah Jawa. Makam berada di Desa Kutorejo,Kecamatan Tuban.

6. Masjid Agung Tuban

Masjid kebanggaan warga Tuban ini merupakan paduan dari gaya Arab, Turki dan India. Masjid ini dibangun pada abad ke-15 pada masa Adipati Raden Ario Tedjo, Bupati Tuban ke-7. Letaknya tidak jauh dari kompleks makam Sunan Bonang.

[Gambas:Instagram]



7. Rumah Pohon TPK Jatirogo Tuban

Nama destinasi ini adalah Discovery of Forest Perhutani KPH Kebonharjo. Namun orang Tuban menyebutnya Rumah Pohon TPK Jatirogo. Sesuai namanya, di sini wisata rumah pohon.

Selain menikmati rumah pohon, kamu juga bisa bersantai di saung. Coba juga bermain ATV menikmati kawasan hutan yang rindah dan sejuk. Ada juga flying fox, tempat panahan dan arena outbond lho di sini.

8. Air Terjun Ngirip

Salah satu keindahan alam yang bisa dijelajahi di Tuban adalah Air Terjun Ngirip. Air terjun ini berada di Hutan Karawak, Jojogan, Desa Mulyo Agung Kecamatan Sanggrahan.

Berada di kawasan pepohonan yang asri, air terjun setinggi 25 meter ini begitu indah dengan paduan kolamnya yang seperti berwarna hijau toska.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Sapi Ngamuk Seruduk Pemotor di Jalur Pantura Tuban"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA