Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Feb 2021 11:49 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Curug Biasa, Yang Ini Airnya Panas

Whisnu Pradana
detikTravel
Curug Cipanas
Curug Cipanas (Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Pesona alam di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) tak henti menyuguhkan wisata memesona bagi pengunjung untuk menghabiskan waktu berliburnya.

Salah satu destinasi wisata alam di KBB yang belum banyak diketahui pengunjung ialah Curug Cipanas. Lokasinya berada di perbatasan antara Kampung Nagrak, Kecamatan Lembang dengan Kampung Kancah, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Di Curug Cipanas pengunjung bisa menikmati wisata air panas yang mengalir dari Gunung Tangkuban Parahu ke kolam alami dengan tiga undakan. Kedalaman kolam yang tak terlalu dalam membuat Curug Cipanas aman untuk anak-anak.

Pengelola objek wisata melakukan sejumlah perbaikan agar akses masuk ke objek wisata dari tempat parkir lebih nyaman dilalui pengunjung. Di area curug juga disediakan beberapa saung dan tikar tempat pengunjung beristirahat sambil menunggu anggota keluarga bermain air.

Curug CipanasCurug Cipanas Foto: (Whisnu Pradana/detikcom)

Dedi Priadi salah seorang pengelola objek wisata mengatakan Curug Cipanas baru dibuka untuk umum sejak 2017. Hingga saat ini, cukup banyak masyarakat yang berkunjung demi berendam di kolam air panas tersebut.

"Mulai dibukanya itu pas lebaran 2017, jadi sampai sekarang baru tiga tahun. Memang dari dulu sebetulnya sudah ada, cuma dibuka untuk umum ya baru 2017 itu," ungkap Dedi kepada detikcom, Minggu (28/2/2021).

Tiket masuk yang dipatok untuk pengunjung dewasa seharga Rp 20 ribu sementara pengunjung anak-anak seharga Rp 15 ribu. Perjalanan dari lokasi parkir ke area curug pun tak terlalu jauh, hanya 5 menit.

"Sudah ada beberapa perbaikan untuk membuat pengunjung lebih nyaman. Jalannya ada yang sebagian ditempeli batu biar tidak terlalu licin," terangnya.

Sayangnya tak ada plang yang menunjukkan lokasi wisata Curug Cipanas. Hal itu pula yang bakal menyulitkan wisatawan berkunjung ke objek wisata di kawasan Bandung Utara itu.

Namun Curug Cipanas tetap bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi alternatif bagi wisatawan saat berkunjung ke Bandung Barat.

Untuk menuju wisata ini, pengunjung bisa datang dari berbagai arah. Untuk pengunjung dari arah cimahi, bisa mengaksesnya melalui Jalan Cihanjuang menuju Cihanjuang Rahayu. Kemudian mengarah ke Parongpong.

Untuk pengunjung dari arah Kota Bandung, bisa datang melalui Jalan Sersan Bajuri menuju Cihideung. Nantinya bakal menemui persimpangan Parongpong lalu belok kanan. Dari situ lokasi Curug Nagrak sudah tak jauh lagi.



Simak Video "Keindahan Curug Panjang Cisarua Puncak Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA