Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Feb 2021 19:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Gunung Terindah di Indonesia untuk Didaki Tahun Ini

Gunung Prau
Foto: Gunung Prau (dok. Unsplash)
Jakarta -

Dari sekian banyak gunung di Indonesia, beberapa di antaranya jadi favorit para pendaki. Berikut 5 Gunung Terindah Indonesia untuk didaki tahun 2021 ini.

Terletak di jalur Cincin Api (Ring of Fire) membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan gunung terbanyak di dunia. Mendaki gunung bisa menjadi pilihan wisata di kala pandemi, mengingat lokasi outdoor dengan sirkulasi udara yang baik.

Meskipun dinilai aman, protokol kesehatan yang berlaku juga tetap harus dipatuhi. Mulai dari menjaga jarak, selalu menggunakan masker, mencuci tangan, serta selalu membawa hand sanitizer. Selain gunung, wisata alam lain seperti danau di Indonesia juga tidak kalah cantik untuk dikunjungi.

Untuk Anda yang berjiwa petualang, 5 gunung terindah di Indonesia ini wajib Anda kunjungi!

1. Gunung Rinjani, NTB

Selain memiliki pantai yang terkenal indah, Nusa Tenggara Barat juga memiliki primadona lain yang bisa membuat pengunjung jatuh cinta yaitu Gunung Rinjani.
Dengan ketinggian puncak 3.726 mdpl, Gunung Rinjani sudah tersohor akan lanskapnya yang indah.

Di tengah perjalanan menuju puncak, pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan Danau Segara Anak yang disebut-sebut sebagai 'permata Gunung Rinjani' dan juga hamparan sabana yang ditumbuhi bunga edelweiss.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

Semeru merupakan gunung terindah sekaligus tertinggi di Pulau Jawa. Kecantikan Gunung Semeru yang sudah tersohor membuat pendaki rela datang jauh-jauh untuk menikmatinya secara langsung.

Jika Anda memutuskan untuk pergi ke Semeru, sempatkanlah untuk bermalam di Ranu Kumbolo. Danau yang terletak di tengah jalur pendakian ini, terkenal akan panoramanya yang mempesona.

3. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen berlokasi di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini, merupakan gunung yang ramah untuk didaki oleh pemula. Tidak seperti Gunung Semeru dan Rinjani, Anda hanya butuh waktu 1-2 jam untuk mencapai puncak Gunung Ijen.

Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Ijen adalah pukul 01.00 - 02.00 WITA untuk melihat fenomena blue fire yang terkenal indah. Selain itu, melihat sunrise di puncak Gunung Ijen juga tidak boleh terlewati.

4. Gunung Gede, Jawa Barat

Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi naik gunung tanpa harus berjauh-jauh dari Ibu Kota, Gunung Gede bisa menjadi jawabannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango yang mencakup tiga wilayah yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

Gunung Gede memiliki beberapa tempat yang menjadi lokasi favorit para pendaki, diantaranya yaitu Alun-alun Suryakencana, Mandalawangi, Telaga Biru, Kandang Badak, dan Air Terjun Cibereum.

5. Gunung Prau

Dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah terkenal memiliki bentang alam pegunungan yang sangat indah salah satunya adalah Gunung Prau. Dengan ketinggian 2.565mdpl membuat pendaki tidak membutuhkan waktu lama untuk tiba di puncak. Dari puncak Gunung Prau, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing yang terlihat sangat elegan dan gagah.

Gunung Prau juga merupakan salah satu tempat di Dieng yang terkenal akan keindahan matahari terbitnya selain Bukit Sikunir. Meskipun tidak termasuk tinggi, lanskap yang disajikan Gunung Prau juga tidak kalah indah jika dibandingkan dengan gunung lainnya.



Simak Video "Inilah Hamparan Kesejukan yang Tak Jauh dari Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA