Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Mar 2021 16:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Coba Deh Makan di Sidewalk Heritage, Tempatnya Asyik

Siti Fatimah
detikTravel
Restoran Sidewalk Heritage di Bandung
Foto: (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Bersinggah ke Kota Bandung rasanya kurang lengkap jika tak mengunjungi bangunan-bangunan bersejarahnya. Di Bandung ada salah satu restoran yang lengkap dengan wisata kuliner sekaligus dengan sejarahnya yakni Sidewalk Heritage.

Berdiri di atas tanah yang sama dengan Hotel Savoy Homann Bandung, Sidewalk sudah ada sejak 82 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1939. Bangunan ini dulu digunakan di zaman kolonial Belanda sebagai hotel dan tempat jamuan makanan khas Belanda, sampai saat ini bentuknya dipertahankan sebagai bangunan heritage.

Yang membuat restoran ini berbeda dengan yang lainnya dilihat dari design interiornya yang mengusung gaya Art Deco Modern. Terlihat kaca-kaca jendela bagian atas masih berupa warna-warni dengan ornamen yang menarik.

Restoran Sidewalk Heritage di BandungRestoran Sidewalk Heritage di Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Lalu adakah sisi sejarah yang terjadi di restoran ini? Marcomm Manager Fanny Karmarani mengatakan, sisi heritage yang diusung Sidewalk ini tak hanya dari eksteriornya saja yang dibuat utuh sejak zaman dulu tapi juga dari menu yang dihidangkan.

"Sebagai sebuah Heritage Restaurant, tentunya ada banyak nilai sejarah yang tetap dipertahankan. Oleh karena itu dalam berbagai menu yang ditawarkan ada menu yang pernah disajikan pada tahun 1932 saat perayaan peringatan 25 tahun Ratu Wilhelmina sebagai Ratu Belanda di Ballroom Hotel Savoy Homann. Menu ini adalah Huzarensla dan Chicken Ballotine," jelasnya kepada detikcom beberapa saat lalu.

Lebih lanjut, Sidewalk juga sempat tutup selama 10 bulan di masa pandemi COVID-19. Pihaknya, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk merenovasi dengan penambahan gaya milenial.

Restoran Sidewalk Heritage di BandungRestoran Sidewalk Heritage di Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Terlihat dari tiang interior, meja dan tempat duduk berbeda dengan gaya sebelumnya. Namun meski begitu, unsur heritage tetap dipertahankan.

"Secara layout di luar tidak berubah karena gedung heritage. Bagian dalam sudah direnovasi dan mengikuti gaya milenial. Dipercantik dan gaya art deco nya masih dipertahankan. Renovasi tahun 2020, awal-awal pandemi, karena sepi makanya resto ini sekalian kita rubah," ujar Fanny.

Selain bisa menyantap hidangan khas Belanda dan Eropa, wisatawan juga bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto-foto. Terlebih, di area Savoy Homann ini merupakan pusat kota dengan pemandangan jalan Asia Afrika.

Beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan Sidewalk Heritage diantaranya Alun-alun Kota Bandung, Jalan Braga, Museum Konferensi Asia Afrika, Gedung Merdeka, dan lain sebagainya.

Restoran Sidewalk Heritage di BandungRestoran Sidewalk Heritage di Bandung Foto: (Siti Fatimah/detikcom)



Simak Video "Warga Bandung Mengeluh Damri Setop Beroperasi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA