Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Mar 2021 13:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Destinasi yang Bisa Dipertimbangkan untuk Solo Traveling

Ilustrasi seseorang sedang solo traveling.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Solo traveling bisa menjadi perjalanan yang mengasyikkan. Berikut deretan rekomendasi tempat-tempat wisata untuk solo traveling.

Bagi sebagian orang solo trip mungkin terdengar sangat tidak biasa. Sebab, sebagian besar dari traveler menemukan kebahagiaan dengan berbagi pengalaman liburan bersama dengan pasangan, sahabat ataupun anggota keluarga.

Tapi, solo trip juga memiliki keuntungan tersendiri karena traveler dapat memegang kendali penuh di setiap momen perjalanan. Traveler juga tidak bakal kesulitan menghindari keramaian.

Di sisi lain, solo traveling menuntut harus pandai memilih transportasi, penginapan, dan destinasi yang tidak berat di kantong saat harus membayar sendirian.

Bagi traveler yang berencana untuk solo traveling berikut destinasi yang bisa dipilih:

1. Danau Toba

Hamparan air Danau bewarna biru menjadi pemandangan apik saat berkunjung ke Tanah Batak. Pohon pinus yang menjulang tinggi menambah segarnya udara di sekitarnya.Hamparan air danau bewarna biru menjadi pemandangan apik saat berkunjung ke Tanah Batak. Pohon pinus yang menjulang tinggi menambah segarnya udara di sekitarnya. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Danau Toba memiliki kemegahan yang luar biasa. Terbentuk dari letusan gunung berapi sekitar 75.000 tahun lalu, Danau Toba dikenal sebagai danau terdalam dan terbesar di Dunia.

Destinasi pertama yang dapat traveler kunjungi saat menuju Danau Toba adalah Desa Tomok. Di sini, traveler dapat melihat struktur perumahan dan situs-situs bersejarah yang unik, dapat bermain jet sky atau mendayung di sekitar danau dengan perahu kayak.

Selain itu, Danau Toba memiliki hidangan lezat yang wajib untuk dicoba, salah satunya adalah arsik. Hidangan ini berbahan utama ikan mas yang dikukus di api kecil ini memiliki rasa khas hidangan Nusantara yang berselera tinggi.

2. Candi Borobudur

Biksu di Candi BorobudurBiksu di Candi Borobudur Foto: Eko Susanto/detikcom

Candi Borobudur yang dibangun pada Dinasti Saylendra pada abad ke-9 ini merupakan salah satu tempat yang solo-travel friendly. Lokasinya ada di Magelang, Jawa Tengah.

Banyak aktivitas yang dapat traveler lakukan di sini. Salah satunya, melihat 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha yang menceritakan tentang kejayaan dan filosofi ilahi Dinasti Saylendra.

Candi Borobudur memiliki taman yang cukup luas dan untuk menggapai stupa tertinggi dibutuhkan fisik yang prima.

Untuk urusan kuliner, traveler tidak perlu khawatir, Magelang menawarkan santapan berbagai santapan lezat. Di antaranya, tahu kupat, sup senerek, soto, dan mangut.

3. Mandalika

Bukit Merese, LombokBukit Merese, Lombok Foto: A Endin Yoga Pradana/d'Traveler

Berada di pesisir selatan Pulau Lombok, Mandalika merupakan rahasia peselancar yang kini menjelma menjadi pusat rekreasi.

Tidak hanya rekreasi pantai, traveler juga dapat menikmati sensasi mendaki Puncak Bukit Merese yang akan menyuguhkan pemandangan paling menakjubkan di Lombok.

Jika traveler tertarik untuk mempelajari mengenai budaya Lombok, traveler bisa bsinggah ke Desa Sade. Sesampainya di sana, traveler bakal disambut dengan alunan musik khas Lombok yang masih menggunakan alat musik tradisional.

Bagian perut, traveler harus mencicipi ayam taliwang khas Lombok dengan plecing kangkung pedas yang akan membuat kalian ingin terus kembali ke Mandalika.

Jika ingin menuju Gili Trawangan atau Gili Air pun traveler tidak bakal kesulitan kendati harus solo traveling. Sebab, kapal-kapal penumpang melayani tiket perorangan, tidak perlu menyewa perahu.

4. Bali

Sawah di UbudSawah di Ubud Foto: Lena Ellitan/d'traveler

Siapa yang dapat membantah pesona keindahan alam Bali? Kekayaan budaya yang melimpah menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia bahkan dunia.

Banyak destinasi yang dapat bisa dipilih di Bali, mulai dari pantai, pegunungan dan hutan yang mewah, air terjun, ataupun hanya sekedar ingin menikmati jalan-jalan santai di Kuta atau Ubud.

Aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat solo trip ke Bali adalah kulinernya. Rekomendasi makanan khas Bali yang harus traveler cicipi adalah ayam betutu dan nasi jingo.

Bali juga menjadi destinasi yang tepat bagi kalian yang membutuhkan tempat untuk meditasi dan melepas penat diri dari hiruk pikuk kehidupan metropolitan.

5. Labuan Bajo

Kapal Pinisi Sea SafariKapal Pinisi Sea Safari Foto: Putu Intan/detikcom

Dulunya Labuan Bajo hanyalah sebuah lokasi pemancingan kecil, namun kini Labuan Bajo menjelma menjadi tujuan wisata besar yang memiliki keindahan dan keseruan tersendiri untuk dijelajahi.

Terkenal sebagai kota matahari terbenam, Labuan Bajo memiliki banyak titik pandang untuk dinikmati tiap malam tiba, tiga titik terbaik dan mudah untuk diakses adalah Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia. Jika kamu pecinta daging, siap siaplah untuk diguncang dengan Se'i, daging asap khas Flores yang akan membuat kamu ketagihan. Selain itu, karena letaknya yang dekat dengan Taman Nasional Komodo, hal unnik yang tidak dapat kamu lewatkan saat berada disini adalah menyentuh pasir halus nan lembut di Pantai Pink yang merupakan satu dari tujuh pantai berwarna pink yang ada di seluruh Dunia.
Dengan panduan singat dan ringkas ini, kami karap kalian tidak perlu khawatir lagi saat ingin memiliki solo-trip di destinasi tesebut. Namun perlu diingatkan, jadilah pelancong yang bertanggung jawab dan perhatikanlah lingkungan sekitar, maka petualangan hebat akan menghampiri kalian!



Simak Video "Kunjungan Wisatawan ke Bali Menurun Drastis!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA