Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Mar 2021 11:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tips dan Panduan Jika Ingin Berlibur ke Ekowisata Tangkahan

Gajah dan river tubing di Ekowisata Tangkahan
River tubing di Ekowisata Tangkahan (Foto: Unsplash/Have Halal Will Travel)
Jakarta -

Ekowisata Tangkahan merupakan salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi. Semenjak dijadikan lokasi video klip Adu Rayu milik Tulus dan mendiang Glenn Fredly, tempat ini menjadi semakin populer di kalangan wisatawan.

Ekowisata ini memiliki begitu banyak pesona alam yang tentunya akan memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan! Jika Anda berniat untuk mengunjungi Ekowisata Tangkahan, simak dulu panduan wisata berikut ini!

1. Cara Menuju Lokasi Ekowisata Tangkahan

Ekowisata ini merupakan Kawasan hutan hujan tropis ini yang berada di dalam Taman Nasional Gunung Leuser, sungai besar di tengahnya merupakan pusat kegiatan alam di kawasan ini.

Jika Anda berangkat dari kota Medan menggunakan kendaraan pribadi, butuh waktu sekitar tiga jam untuk tiba di lokasi ini. Selain itu Anda juga bisa menggunakan bus umum yang langsung menuju Ekowisata Tangkahan.

Namun jika Anda memilih menggunakan bus, waktu yang ditempuh akan lebih lama yaitu sekitar empat sampai lima jam.

2. Pemandu Wisata

Setibanya di sana Anda akan disambut dengan pusat informasi mengenai Ekowisata Tangkahan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, Anda juga bisa ditemani oleh pemandu wisata yang sudah berpengalaman di sana.

Menggunakan jasa pemandu sangat dianjurkan agar Anda dapat berlibur dengan maksimal. Selain itu, cara ini juga dapat meningkatkan pemasukan warga lokal.

Gajah dan river tubing di Ekowisata TangkahanGajah di Ekowisata Tangkahan (Foto: Unsplash/Have Halal Will Travel)

3. Aktivitas di Ekowisata Tangkahan

Bercengkrama dan bermain dengan gajah merupakan satu dari banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Tangkahan memang merupakan kawasan penangkaran gajah yang masih alami.

Salah satu kegiatan yang wajib untuk dicoba adalah memandikan gajah. Anda bisa menyentuh, memandikan, dan bermain dengan gajah-gajah ini selama 60 menit. Anda juga diperbolehkan untuk memberikan makanan berupa buah buahan kepada gajah.

Meskipun jinak, Anda tetap harus berhati-hati dalam berinteraksi dengan gajah-gajah ini ya! Selain berinteraksi langsung dengan gajah, Anda juga bisa menyusuri sungai Tangkahan dengan river tubing.

Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, hanya perlu bersantai di atas ban yang akan membawa Anda menyusuri sungai. Alternatif lainnya, Anda juga bisa menggunakan kapal.

Ekowisata ini juga memiliki air terjun dan kolam air panas alami, loh! Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan selama berkunjung ke sini adalah trekking menyusuri hutan tropis Ekowisata Tangkahan.

4. Penginapan di Tangkahan

Meskipun berada di kawasan hutan tropis, tidak sulit untuk menemukan penginapan di sekitar Ekowisata Tangkahan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dan bisa disesuaikan dengan budget Anda. Salah satu yang paling populer adalah Villa Terrario Tangkahan milik aktor Nicholas Saputra.

Villa ini mengusung konsep Eco house dengan berbagai fasilitas yang mewah. Tempat ini akan memberikan Anda kenyamanan di tengah asrinya hutan tropis di Ekowisata Tangkahan.



Simak Video "Main-main ke Museum Penerangan Sambil Menelusuri Sejarah Pers"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA