Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Apr 2021 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Puasa Nggak Boleh Loyo, Ngabuburit Main Layangan di Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Melihat Layang-layang di Sorobayan Magelang
Warga ngabuburit dengan melihat layang-layang diterbangkan di lokasi persawahan Sorobayan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. (foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang -

Sejumlah orang menunggu azan Magrib menjelang datangnya buka puasa Ramadhan atau ngabuburit dengan menerbangkan layang-layang. Layang-layang yang diterbangkan berukuran panjang.

Lokasi menerbangkan layang-layang ini berada di persawahan daerah Sorobayan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Persawahan yang digunakan menerbangkan layang-layang ini persis di pinggir Jalan Raya Magelang-Salatiga.

Untuk itu, warga masyarakat yang kebetulan melintas bisa melihat langsung layang-layang diterbangkan. Adapun layang-layang yang diterbangkan itu ada yang naga, hanoman, cumi-cumi maupun lainnya.

"Saya ke sini mengantarkan anak yang ingin melihat layang-layang. Ini sekalian ngabuburit," ujar Luis Lazuardi saat ditemui di lokasi melihat layang-layang, Jumat (23/4/2021).

Melihat Layang-layang di Sorobayan MagelangMelihat Layang-layang di Sorobayan Magelang Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Salah satu pemilik layang-layang, Ardi Noviyanto (25), mengatakan layang-layang naga yang diterbangkan panjangnya 50 meter. Layang-layang berbahan parasut biasanya sebulan sekali diterbangkan di Pantai Parangkusumo.

"Kalau saya sering menerbangkan disini soalnya dekat dengan rumah. Paling sebulan sekali main di Parangkusumo. Ini layang-layang panjangnya 50 meter," ujarnya.

Layang-layang yang dibuatnya, katanya, menghabiskan uang sekitar Rp 2 juta. Saat ini menerbangkan layang-layang sekalian untuk ngabuburit.

"Sejak puasa Ramadhan hari ke-1 sampai sekarang menerbangkan disini sekalian untuk ngabuburit," tutur dia.

Melihat Layang-layang di Sorobayan MagelangMelihat Layang-layang di Sorobayan Magelang Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Hal senada diungkapkan pemilik layang-layang lainnya, Nurcahyono alias Paitong (33). Sejak puasa hari pertama sampai hari ini menerbangkan di sini.

"Sejak awal puasa (menerbangkan). Pertama bikin bulan Agustus. Panjang 70 meter," ujar Paitong yang menyebut layang-layangnya berbahan plastik, itu.

Lokasi lain, katanya, untuk menerbangkan di Pantai Parangkusumo dan Samas. Namun karena puasa, kemudian sekarang memilih di lokasi ini.

"Ya untuk ngabuburit, biasanya mulai pukul 15.00 sampai menjelang buka puasa," ujar dia.



Simak Video "Berkat Medsos, Kakek asal Magelang Ditemukan Usai 30 Tahun Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA