Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Apr 2021 12:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yuk! Ngerasain Rafting Ala Barack Obama di Ubud

Bonauli
detikTravel
Ubud -

Musim panas sudah mulai dirasakan oleh Indonesia. Rasanya wisata rafting di Bali satu ini bisa jadi pilihan tempat main airmu.

Setelah merasakan eksotisnya pantai di Canggu, tim Road Trip Java-Bali with IONIQ Electric Hyundai menjajal cantiknya Ubud. Pemandangan teras padi dan pepohonan hijau yang rindang menjadi warna lain Bali yang memesona.

Sepagi mungkin tim kami berangkat menuju Four Season Sayan di Ubud. Bukan, kami bukan akan menginap di sana, melainkan menjajal atraksi raftingnya. Ya, mantan Presiden AS Barack Obama pernah rafting di sini saat berkunjung ke Bali tahun 2017 lalu.

Begitu tiba di Four Season Sayan, kami disambut ramah oleh pemandu rafting. Namanya Agus Nova Putra, ia sudah menjadi pemandu rafting di hotel tersebut selama 4 tahun. Yang spesial, Agus juga menjadi salah satu pemandu saat Barack Obama rafting di sana.

Rafting di Sungai AyungRafting di Sungai Ayung Foto: (Grandy/detikFOTO)

Dari lobby hotel, kami diantar ke start poin rafting menggunakan mobil shuttle. Star poin ini berjarak 30 menit dari hotel. Ini persis dengan apa yang dilakukan oleh Barack Obama.

Start poin ada di Desa Rafting. Beberapa pemandu sudah menunggu di gazebo dengan perlengkapan rafting yang akan digunakan saat berkegiatan nanti. Mulai dari helm, life jacket, dayung, kantong plastik dan tas anti air sudah berjajar rapi. Kami mulai mengenakannya satu persatu.

Sembari mengenakan alat-alat, para pemandu memastikan bahwa life jacket sudah terpasang dengan benar. Bagi yang mau membawa kamera, harap berkoordinasi dengan pemandu. Karena bermain rafting sudah pasti dibuat basah.

"Perhatian, dari sini kita akan turun ke sungai melalui 250 anak tangga," ucap Agus.

Bagai tersambar petir di siang bolong, rasanya kaget mengetahui ini. Maklum, perjalanan jauh yang kami lakukan dari Jakarta cukup membuat badan lelah. Tapi sekali lagi, Bali tempatnya senang-senang.

Tak jauh dari gazebo ada jalan kecil dengan anak tangga curam. Anak tangganya sedikit curam dan berlumut, jadi cukup licin. Dayung yang dibawa bisa digunakan sebagai tongkat, kok.

Jumlah 250 bukanlah sedikit, sekitar 20 menit kami habiskan untuk menuruninya. Namun pepohonan dan kicauan burung menjadi penyegar mata.

Tim perjalanan ini ada 9 orang dan dibagi ke dalam 3 boat. Ada tim siap basah dan yang tak boleh kena basah. Perlengkapan kamera kami pisahkan sehingga bisa main basah-basahan dengan nyaman.

Rafting di Sungai AyungRafting di Sungai Ayung Foto: (Grandy/detikFOTO)

Perjalanan rafting di Sungai Ayung dimulai. Sebagai sungai terbesar di Bali, Ayung tampak gagah dan kuat. Arus sungai ini begitu deras sehingga mampu membawa kami dengan cepat.

Di samping kanan-kiri sungai pepohonan menjulang tinggi. Batu-batu menjadi jeram yang harus kami lalui. Byuuuurrrrrrr!!!!

Rafting Sungai Ayung termasuk yang ramah keluarga. Jeram-jeramnya tak terlalu besar namun sanggup bikin kebasahan.

Jangan kaget, karena sesekali pemandu dari boat lain akan menyiramkan air padamu. Ini adalah hal yang biasa saat bermain rafting. Kamu juga boleh kok menyiramkan air ke boat lain.

Rafting di Sungai AyungRafting di Sungai Ayung Foto: (Grandy/detikFOTO)

Asrinya Bali dapat dilihat dari burung-burung cantik yang terbang dan hinggap di sekitar pohon. Nyanyian mereka menyatu dengan megahnya angin yang perlahan bersiul melewati dedaunan.

Selama dua jam, tawa dan teriakan menghiasi perjalanan rafting. Melintasi jeram bendungan, tebing-tebing hijau dan curug-curug kecil membuat rafting ini begitu menyegarkan.

Untuk bisa menikmati rafting dari Four Season Sayan, tarif yang dikenakan adalah Rp 3,4 juta per dua orang.

Rafting di Sungai AyungRafting di Sungai Ayung Foto: (Grandy/detikFOTO)

"Tamu juga bisa check-in melalui rafting, namanya check-in by rafting," jelasnya.

Jadi tamu yang menginap di Four Season Jimbaran dan mau pindah ke Four Season Sayan bisa check in lewat rafting. Tamu bisa langsung rafting dan semua barang-barang akan langsung dikirimkan ke kamar di Four Season Sayan.

Rafting di Sungai AyungRafting di Sungai Ayung Foto: (Grandy/detikFOTO)
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA