Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Mei 2021 20:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cakep Nih, Negeri di Atas Awan dari Sulbar

Abdy Febriady
detikTravel
Buttu Bendera di Poliwali Mandar
Foto: (Abdy Febriady/detikcom)
Poliwali -

Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, memiliki segudang potensi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya bernama Buttu Bendera.

Buttu merupakan bahasa daerah setempat dapat diartikan sebagai bukit ataupun gunung. Buttu Bendera terletak di Desa Pallis, Kecamatan Balanipa, berjarak sekira 6 kilometer dari jalan Trans Sulawesi, dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua, selama lebih kurang 60 menit, melewati jalan yang sedikit menguji adrenalin.

Puncak Buttu Bendera berada pada ketinggian 570 Mdpl. Saat berada di puncak, mata traveler langsung dimanjakan keindahan panorama alam. Jika beruntung, traveler juga bisa melihat keindahan warna langit yang memerah, saat matahari tenggelam.

Dari puncak Buttu Bendera, traveler juga bisa melihat jejeran pegunungan berselimut awan, sangat cocok menjadi latar bagi traveler yang suka berswafoto.

Buttu Bendera di Poliwali MandarButtu Bendera di Poliwali Mandar Foto: (Abdy Febriady/detikcom)

Saat hari sudah semakin sore, suhu udara di puncak Buttu Bendera juga terasa semakin dingin. Bagi traveler yang ingin menginap, diwajibkan membawa jacket agar suhu tubuh tetap terjaga khususnya ketika malam hari.

"Sudah sering kesini, yang buat tertarik, pertama karena sunsetnya, pemandangannya karena kita berada di ketinggian, perkampungan sangat nampak dari sini, jadi kita tertarik," ujar salah satu traveler, Aslan yang mengaku sudah lima kali berkunjung ke Buttu Bendera.

Kepala Desa Pallis Hatta mengatakan, penamaan Buttu Bendera diberikan, karena dahulu kala tempat ini menjadi lokasi pengibaran bendera simbol kemenangan, saat leluhur mereka berhasil mengalahkan musuh.

"Karena pada suara saat antara maradia (raja) Pallis melawan maradia poda-poda, dimenangkan maradia pallis, sehingga mengibarkan bendera kemenangan di atas puncak itu," ungkap hatta kepada wartawan.

Selanjutnya kata Hatta, dahulu kala, puncak Buttu bendera menjadi lokasi pertemuan para leluhur, membahas berbagai persoalan.

"Dulu tempat berkumpul, karena paling tinggi, semua orang terlihat. Untuk melakukan musyawarah, menyelesaikan berbagai masalah," ujarnya.

Untuk memudahkan traveler mencapai puncak, pemerintah desa setempat membangun sedikitnya 340 anak tangga, dari kaki gunung hingga ke puncak Buttu Bendera. Ada juga dua unit gazebo berukuran besar, dilengkapi instalasi listrik plus lampu, dapat dimanfaatkan para traveler yang sekedar ingin bersantai, ataupun bagi mereka yang ingin menghabiskan malam di tempat ini.

Buttu Bendera di Poliwali MandarButtu Bendera di Poliwali Mandar Foto: (Abdy Febriady/detikcom)

Menariknya lagi, pemerintah desa setempat selaku belum menerapkan tarif atau biaya, bagi traveler yang ingin berkunjung ke tempat ini. Keindahan panorama alam, sembari memanfaatkan fasilitas yang tersedia di puncak Buttu Bendera, saat ini dapat dinikmati secara gratis.

Nah, bagi traveler yang ingin merasakan sensasi berwisata di alam terbuka, kawasan puncak Buttu Bendera bisa menjadi pilihan. Tetapi penting untuk diingat, tetap jaga kelestarian, dan jangan meninggalkan jejak sampah.



Simak Video "Melihat Indahnya Panorama Alam Polman dari Puncak Buttu Bendera"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA