Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Jun 2021 18:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hotel dengan Nuansa Adat Toraja, Misiliana

Misiliana hotel adalah hotel yang berlokasi di Rantepao yang didesain dengan kombinasi antara nuansa modern dan tradisional Toraja.
Foto: CXO Media
Jakarta -

Toraja adalah sebuah tempat di Sulawesi Selatan yang menyimpan banyak sekali tradisi kebudayaan bangsa yang hingga kini masih lestari. Suku Toraja sejak beradab-abad lalu telah mengalami transformasi budaya hingga religi. Saat ini di Toraja, mayoritas masyarakatnya menganut agama Kristen. Akan tetapi, Toraja memiliki satu kepercayaan yang sejak lama sudah ada yang disebut Aluk To Dolo.

Nama Toraja berasal dari bahasa Bugis. Dalam bahasa Bugis, Toraja dikenal dengan To Riaja yang artinya orang yang tinggal di negeri atas. Sesuai dengan namanya, hampir setiap sudut tempat tinggal di Toraja adalah dataran tinggi. Hampir semua titik di Tana Toraja memiliki nilai budaya dan tradisi yang kental, tempatnya yang indah juga menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk mengundang wisatawan.

Salah satu tradisi yang bisa dikatakan paling dikenal di Tana Toraja yaitu tradisi kematiannya yang disebut Rambu Solo. Rambu Solo adalah sebuah tradisi upacara kematian yang terkenal dengan kemewahannya. Bagaimana tidak, dalam sekali upacara Rambu Solo digelar, keluarga dari jenazah yang akan diupacarakan bisa mengeluarkan uang bahkan hingga ratusan juta untuk mempersiapkannya.

Saat berkunjung ke Toraja, tentu saja kita akan tertarik juga untuk merasakan bagaimana rasanya tinggal di Tongkonan yang merupakan rumah adat dari Toraja tersebut. Jika kamu berkunjung ke Toraja dan mencari tempat menginap yang bisa memberikan kamu pengalaman menginap di Tongkonan, maka Misiliana hotel adalah jawabannya.

Misiliana hotel adalah sebuah tempat singgah yang berlokasi di Rantepao, lokasinya sangat strategis dan bisa memudahkan kita untuk bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata budaya yang ingin kita kunjungi di Tana Toraja.

Hotel ini pernah disinggahi oleh berbagai tokoh penting Indonesia seperti Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati, hingga Jusuf Kalla. Hotel ini memiliki 105 kamar yang didesain dengan kombinasi antara nuansa modern dan tradisional Toraja.

Menginap di sini, kamu akan mendapatkan pengalaman yang bagus sebagai orang Toraja. Jika kamu seorang backpacker, kamu tidak perlu juga pusing memikirkan transportasi umum, karena hotel ini juga adalah tempat yang strategis yang dilewati berbagai transportasi umum untuk membawamu ke lokasi-lokasi yang kamu inginkan.

Buat kamu yang penasaran tentang Tana Toraja dan tradisinya, saksikan Kultur Episode Toraja bersama Citilink hanya di YouTube CXO Media!



Simak Video "Menyisir Tongkonan Adat, Sambil Melihat Persiapan Upacara Kematian, Tana Toraja"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA