Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Jun 2021 18:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Edukasi Ternak Lebah di Borobudur, Manis Madunya Bikin Ketagihan

Eko Susanto
detikTravel
Wisata edukasi beternak lebah di Borobudur
Foto: Ashfa Madu Borobudur (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang -

Tak jauh dari Candi Borobudur ada wisata edukasi beternak lebah. Namanya Ashfa Madu Borobudur. Manis madu yang dihasilkan peternakan ini bikin ketagihan.

Wisatawan yang datang ke sini memang bisa mencicipi madu yang dihasilkan dari lebah tersebut. Wisata edukasi ini namanya Ashfa Madu Borobudur.

Lokasi tepatnya berada di Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah sekali.

Wisatawan setelah menikmati keindahan Candi Borobudur, bisa mencicipi madu dan belajar mengenal lebah. Untuk sampai di Ashfa Madu bisa naik mobil VW Cabrio maupun andong. Nantinya, pengunjung akan mendapatkan penjelasan mengenai budidaya lebah yang menghasilkan madu.

Selain itu, wisatawan bisa mencicipi madu asli yang dihasilkan lebah. Lebah selama ini dibudidayakan di kawasan perbukitan Menoreh.

"Budidaya lebah untuk Ashfa Madu Borobudur ini semenjak 2013. Kebetulan orang tua sudah budidaya, kami meneruskan. Untuk budidaya lebah madu ini kebetulan sekitaran Borobudur sangat ramai untuk wisatawan. Lha ini sudah berjalan selama 4 tahun berjalan dipadukan dengan wisata," kata Qozin Purnama, pengelola Ashfa Madu Borobudur saat ditemui detikTravel, Rabu (2/6/2021).

Wisata edukasi beternak lebah di BorobudurWisata edukasi beternak lebah di Borobudur Foto: Eko Susanto/detikTravel

Qozin mengatakan, wisatawan yang datang di Ashfa Madu Borobudur, langsung mendapatkan wisata edukasi tentang lebah. Termasuk pula mengenai jenis lebah, panen madu dan setelah itu diminta untuk mencoba madu yang ada.

"Kalau di sini nggak ada biaya sama sekali. Pengunjung itu begitu datang langsung mendapat edukasi tentang lebah. Jenis-jenis lebah atau berbagai macam jenis madu, selesai edukasi pengunjung dikasih tester-tester madunya. Kalau memang konsumsi madu, dia (pengunjung) langsung pada beli,"tuturnya.

Madu yang ada, kata dia, dominan adalah bunga kaliandra. Adapun keistimewaan madu kaliandra rasanya sangat enak dan gurih.

"Untuk jenis madunya yang dominan adalah bunga kaliandra. Beda dengan madu lainnya, ini memang sangat enak dan gurih. Kebetulan bulan-bulan sekarang ada bunga insulin ada kombinasi antara manis dan pahit. Itu sangat bagus untuk kesehatan tubuh," ujar Qozin.

Wisata edukasi beternak lebah di BorobudurWisata edukasi beternak lebah di Borobudur Foto: Eko Susanto/detikTravel

"Per 250 mili liter itu ada yang Rp 140.000, kalau yang madu pahit, kalau yang manis Rp 100.000," katanya.

Qozin menambahkan, Ashfa Madu Borobudur melayani pembelian madu secara online. Mereka yang pernah datang dan membeli, kemudian setelah kembali ingin membeli dan memesan secara online.

"Kebanyakan yang sudah beli, datang, mencicipi ketagihan pasti beli dari Menoreh. Kami mengutamakan keaslian madu, biar beli lagi, datang lagi," tutupnya.



Simak Video "Kamera DSLR dan Lampu Modifikasi, Alat Tempur Komunitas Fotografi Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA