Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Jun 2021 18:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saksi Bisu Perjuangan Presiden Soekarno di Bandung: Penjara Banceuy

Wisma Putra
detikTravel
Situs Penjara Banceuy
Foto: Situs Penjara Banceuy (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung -

Sedang berwisata ke Kota Bandung? Yuk kunjungi salah satu situs bersejarah Presiden Ir Soekarno di Bandung. Apalagi kalau bukan Penjara Banceuy.

Situs Sel Penjara Banceuy berada di Jalan ABC, Kota Bandung. Letaknya tidak jauh dari Jalan Asia Afrika atau Jalan Braga.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, penjara Banceuy di Jalan Banceuy (dahulu Bantjeujweg) merupakan penjara yang digunakan untuk menahan para pribumi yang melakukan tindakan kriminal dan tahanan politik.

Situs bersejarah presiden pertama Indonesia ini ada di kawasan pusat pertokoan yang ada di jalan tersebut. Anda bisa melihat situs bersejarah ini dari luar gerbang.

Di penjara ini, Bung Karno pernah mendekam selama delapan bulan atas tuduhan pemberontakan dan dijerat pasal-pasal karet haatzai artikelen. Di penjara ini, beliau dikurung di dalam sel nomor 5 yang hanya berukuran 2,5 x 1,5 meter.

Situs Penjara BanceuySitus Penjara Banceuy Foto: Wisma Putra/detikTravel

Di dalam penjara inilah, Presiden Soekarno menyusun pledoi atau pidato pembelaan yang sangat terkenal dengan tajuk 'Indonesia Menggugat' yang terjadi pada tanggal 18 Agustus 1930.

"Bahwasannya, matahari bukan terbit karena ayam jantan berkokok, tetapi ayam jantan berkokok karena matahari terbit!" demikian kutipan kata-kata Presiden Soekarno yang sangat terkenal dalam pledoi tersebut.

Di situs penjara Banceuy, dibuatkan Patung Ir Soekarno yang bersebelahan dengan sel yang dulunya ditempati olehnya. perjalanan sejarah Ir Soekarno di Lapas Banceuy.

Traveler bisa mengabadikan momen situs bersejarah ini dari luar gerbang. Hari ini, Tanggal 6 Juni merupakan tanggal lahir Ir Soekarno. Dengan mengunjungi Situs Penjara Banceuy, traveler secara tidak langsung mengunjungi saksi bisu perjuangan Presiden Soekarno di masa penjajahan Belanda.



Simak Video "Pesona Dreamland Cicalengka: Tempat Wisata Alam yang Islami"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA