Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jun 2021 16:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Indahnya Pantai Madasari Pangandaran

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pamandangan Pantai Madasari Pangandaran
Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Pantai Madasari bisa menjadi pilihan untuk destinasi wiata saat liburan ke Pangandaran. Pantai cantik ini punya kawasab berkemah lho.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran melakukan pengendalian jumlah wisatawan ke pantai Pangandaran, setiap akhir pekan. Jika jumlah wisatawan sudah dianggap penuh maka dilakukan penutupan sementara atau sistem buka tutup. Kebijakan ini berkaitan dengan pengendalian objek wisata di tengah pandemi COVID-19.

Hal ini memungkinkan wisatawan yang datang ketika pantai Pangandaran sudah penuh, maka tidak diperbolehkan masuk. Jika situasi ini menimpa travelers, jangan khawatir. Masih banyak objek wisata pantai eksotis di Pangandaran.

Salah satu destinasi yang bisa menjadi alternatif adalah pantai Madasari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran. Pantai Madasari terletak sekitar 40 kilometer dari pantai Pangandaran atau sekitar 10 kilometer dari pantai Batukaras.

Pamandangan Pantai Madasari PangandaranPamandangan Pantai Madasari Pangandaran Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Pantai Batukaras memiliki pemandangan yang indah. Salah satu daya tarik adalah keberadaan bukit karang di tepi pantai. Suasananya yang masih alami juga membuat wisatawan kerasan berlama-lama di pantai ini.

Keindahan alam Pantai Madasari kerap dimanfaatkan menjadi lokasi pemotretan untuk kebutuhan prewedding atau foto model.

Pantai Madasari cukup terkenal di kalangan penggemar kendaraan roda dua. Bikers dari berbagai daerah sering menjadikan Pantai Madasari sebagai lokasi tujuan touring atau gathering komunitas. Keberadaan lahan-lahan kosong tepi pantai, cocok digunakan untuk acara gathering.

Pantai Madasari juga memiliki lokasi camping ground atau lokasi berkemah yang luas. Berkemah di tepi pantai tak kalah seru dengan berkemah di gunung.

"Beberapa kali kami gelar acara touring ke pantai Madasari. Pantainya indah, tidak terlalu ramai seperti Pangandaran. Jadi ngecamp di pinggir pantai pun nyaman," kata Anthika, penggemar motor lawas asal Bandung, Jumat (11/6/2021).

Pamandangan Pantai Madasari PangandaranPamandangan Pantai Madasari Pangandaran Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Dia mengatakan untuk mendirikan tenda, cukup membayar uang kebersihan kepada pihak pengelola. "Penyewaan tenda juga ada. Mau bakar ikan gampang. Kayu bakar dan ikannya tinggal belu," kata Anthika.

Fasilitas pendukung pariwisata di pantai Madasari cukup memadai. Meski belum ada hotel berbintang, tapi penginapan sudah banyak. Restoran pun banyak tersedia.

"Harapan kami mudah-mudahan jalan akses susur pantai Madasari ke pantai Batukaras bisa segera selesai. Kalau jalan itu sudah beres, ekplorasi wisata pantai Pangandaran akan lebih cepat," kata Anthika.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran sendiri sedang melakukan pembangunan jalan lintas pantai dari pantai Pangandaran hingga pantai Madasari. Namun sampai kini pembangunan jalan itu belum terhubung seluruhnya.

Jika jalan tersebut selesai maka penjelajahan pantai-pantai di Pangandaran lebih mudah diakses. Dari pantai Pangandaran kita bisa menyusuri, pantai Karangtirta, pantai Batuhiu, dermaga Bojongsalawe, pantai Batukaras sampai ke pantai Madasari.*



Simak Video "Wisatawan Padati Pantai Pangandaran, Akses Masuk Ditutup Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA