Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Sep 2021 10:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Satu Lagi Nih Pesona Papua, Pulau Ugar

Hari Suroto
detikTravel
Pulau Ugar di Papua
Pulau Ugar (Hari Suroto)
Fakfak -

Pesona Indonesia timur memang tiada habisnya. Satu-persatu pulau indahnya mencuri perhatian untuk dijelajahi. Salah satunya Pulau Ugar.

Pulau Ugar merupakan sebuah pulau kecil di Teluk Berau, Fakfak, Papua Barat. Pulau ini sangat indah, pantainya berpasir putih ditumbuhi pohon kelapa.

Bagian tengah pulau berupa perbukitan berhutan hujan tropis yang menjadi habitat fauna endemik yaitu burung cenderawasih, kupu-kupu sayap bidadari, kuskus, burung maleo, dan burung rangkong.

Perairan Pulau Ugar memiliki pesona bawah air dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang indah. Pulau-pulau kecil sekitar Pulau Ugar memiliki tinggalan arkeologi berupa lukisan prasejarah pada dinding-dinding tebing karst.

Pulau Ugar di PapuaPulau Ugar di Papua Foto: (Hari Suroto)

Selain itu juga terdapat gua-gua luas dengan pesona stalaktit dan stalakmit yang indah. Gua-gua ini berada di tengah hutan.

Di kawasan Pulau Ugar, terdapat sebuah gua vertikal dengan ruangan yang luas dan gelap. Gua ini memiliki kolam air tawar jernih, yang merupakan kumpulan tetesan air dari stalaktit.

Uniknya dalam kolam air tawar ini terdapat ikan endemik berukuran sekitar 5 cm, sejenis ikan pelangi berwarna putih. Pulau Ugar telah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak sebagai kampung wisata.

Mayoritas penduduk Pulau Ugar adalah Islam, pemukiman memanjang di jalan kampung, dengan ikon masjid berkubah. Penduduk Pulau Ugar berprofesi sebagai nelayan.

Untuk menuju Pulau Ugar dapat dilakukan dengan naik perahu motor sekitar 30 menit dari Pelabuhan Kokas.

Traveler yang berkunjung ke Pulau Ugar, aktivitas wisata yang dapat dilakukan yaitu bersnorkeling, mengunjungi situs lukisan prasejarah, dan trekking di hutan menyaksikan burung cenderawasih. Selain itu juga dapat menikmati kuliner ikan bakar dan kelapa muda.

***

Artikel ini merupakan tulisan kiriman d'Traveler, Hari Suroto. Tulisan ini disunting sesuai kebutuhan redaksi.



Simak Video "Tren Transaksi Tokopedia di Papua Meningkat di Kuartal II 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA