Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Sep 2021 11:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Alam dengan Suasana Rumah di Hutan Hujan Sentul

Putu Intan
detikTravel
Hutan Hujan Sentul
Sawah terasering di Hutan Hujan Sentul.Foto: Putu Intan/detikcom
Bogor -

Sentul, Bogor terkenal akan pesona alamnya nan memikat. Berbagai destinasi wisata alam ada di sana, termasuk yang bernuansa seperti rumah di Hutan Hujan Sentul.

Traveler mungkin masih asing mendengar nama Hutan Hujan Sentul. Maklum, tempat wisata ini memang baru beroperasi selama 6 bulan.

Meskipun baru, atraksi yang ditawarkan tempat ini tak kalah lho dengan destinasi wisata alam lainnya di kawasan Sentul. Di sana terdapat kawasan hutan pinus nan asri, area persawahan terasering, kebun kopi, restoran, camping ground, dan goa yang diberi nama Goa Garunggang.

Hutan Hujan SentulTrekking menuju Goa Garunggang. Foto: Putu Intan/detikcom


Yang spesial dari Hutan Hujan Sentul adalah pengalaman trekking di tengah alam dan perkampungan masyarakat. Untuk trekking ini terdapat 3 pilihan destinasi yakni forest walk (berjalan di hutan pinus), menuju Sungai Leuwi Asih, dan berkunjung ke Goa Garunggang. Selain itu, di sepanjang jalan traveler juga dapat melihat aktivitas hingga berbincang bersama warga lokal.

Terletak di Kampung Cigobang, Desa Karang Tengah, CO Founder Hutan Hujan Sentul, Erry menjelaskan bahwa tempat wisata ini mengusung konsep kerja sama dengan Perhutani dan masyarakat desa dalam pengelolaannya.

"Konsepnya konsesi dengan Perhutani selama 30 tahun. Kemudian di sini juga ada sawah milik petani sekitar, ada kebun singkong dan kebun kopi juga yang ditanam petani. Hasil panennya nanti kami beli untuk kuliner di sini," Erry menjelaskan.

Hutan Hujan SentulGoa Garunggang. Foto: Putu Intan/detikcom

Tak hanya itu, Erry dan tim juga mengajak masyarakat sekitar untuk menjadi pemandu wisata di Hutan Hujan Sentul. Pemandu ini bertugas untuk membimbing wisatawan menyusuri hutan dan menceritakan kearifan lokal Kampung Cigobang.

"Tour guide ini dari warga sekitar, ada sekitar 30-40 orang yang akan membantu wisatawan trekking," ujar Erry.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA