Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Okt 2021 22:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sudah Tahu? Ini Letak Indonesia Secara Astronomis

Presiden Jokowi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari yayasan keluarga Soeharto kembali ke negara.
Ilustrasi Indonesia (Grandyos Zafna/detikTravel)
Jakarta -

Negara Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke. Namun, tak banyak yang tahu soal letaknya secara astronomis.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (1/10/2021), letak astronomis adalah sistem koordinat lintang dan bujur yang digunakan di Bumi.

Letak astronomis Indonesia sendiri terletak pada koordinat 95º hingga 141º bujur timur dan 6º lintang utara hingga 11º lintang selatan.

Sedangkan garis lintang adalah horizontal Bumi atau garis khayal yang searah dengan garis khatulistiwa atau equator. Sedangkan garis bujur adalah garis yang membagi bumi secara vertikal dari kutub utara ke kutub selatan.

Wilayah Indonesia tidak dilalui oleh garis Tropic of Cancer (garis balik utara) yang menandakan wilayah paling utara Bumi dan terkena sinar matahari langsung di atas kepala.

Pengaruh Letak Astronomis

Letak astronomis tersebut menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dan memiliki tiga zona waktu. Indonesia beriklim tropis karena berada pada garis khatulistiwa.

Itu karena iklim tropis membentang dari 23,50 LU-23,50 LS, sedangkan garis lintang Indonesia yaitu 60 LU-110 LS. Dampak dari iklim tropis yaitu wilayah Indonesia mendapat sinar matahari sepanjang tahun.

Dampak dari iklim tropis yaitu wilayah Indonesia mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Indonesia juga tidak memiliki musim dingin, melainkan hanya memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Suhu udara dan kelembapan udara cenderung hangat, sehingga flora dan fauna bisa berkembang biak dengan baik. Dampak dari iklim tropis lainnya yaitu Indonesia memiliki banyak hutan hujan tropis.

Itulah letak astronomis Indonesia dan dampaknya pada iklim di tanah air dan lainnya. Semoga berguna!



Simak Video " Jajal Jeep Gladiator di Trek Menantang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA