Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Okt 2021 21:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Desa di Purworejo Ini Disebut Sandiaga: New Zealand van Java

Rinto Heksantoro
detikTravel
Sandiaga Kunjungi Desa Pandanrejo
Foto: Sandiaga Uno di Desa Pandanrejo (Rinto Heksantoro/detikTravel)
Purworejo -

Beberapa waktu lalu, Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Pandanrejo di Purworejo, Jateng. Sandiaga menyebut desa ini sebagai New Zealand van Java.

Sandiaga menyatakan kekagumannya dengan desa itu. Sandi bahkan menyebut desa itu sebagai New Zealand Van Java.

Desa wisata Pandanrejo sendiri masuk dalam daftar 50 Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.

Ada berbagai destinasi wisata ditawarkan oleh desa wisata itu. Termasuk salah satu yang menjadi andalan adalah susu Kambing Etawa Ras Kaligesing.

Sandiaga pun terkesan saat berkesempatan melihat langsung peternakan kambing Etawa yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor itu. Kambing Etawa memang jadi maskot desa tersebut.

Karena jumlah penduduk di desa itu lebih sedikit daripada jumlah kambing etawa, Sandiaga Uno kemudian menyebut Desa Pandanrejo sebagai New Zealand Van Java.

"Ya karena ini informasi dari pak bupati dan pengelola bahwa jumlah populasi di Desa Wisata Pandanrejo ini lima kali lebih sedikit dari jumlah kambing etawa yang ada. Jadi ini menyerupai situasi yang ada di New Zealand. Untuk mudahnya membranding desa wisata ini, karena kita ingin menarik lebih banyak masyarakat untuk berkunjung kita membranding ini New Zealand Van Java," kata Sandiaga Uno beberapa waktu lalu.

Sandiaga Kunjungi Desa PandanrejoSandiaga Kunjungi Desa Pandanrejo Foto: Rinto Heksantoro/detikTravel

Untuk menyematkan branding tersebut agar lebih mengena, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya. Harapannya, jika branding tersebut benar-benar sudah diterapkan, maka akan menciptakan multiplier effect yang menguntungkan bagi semua pihak.

"Nanti akan saya kontakkan pada Pak Tantowi Yahya, duta besar kita yang bertugas di Wellington di New Zealand. Ini juga nanti bisa meningkatkan SDM khususnya di Desa Wisata Pandanrejo dan bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya karena dengan gerak ekonomi dengan branding-branding yang akan kita muat itu lah kita harapkan, juga konsumsi susu masyarakat meningkat sehingga talenta kita semakin baik ke depan dan ini menjadi simbol kebangkitan ekonomi Indonesia dalam pembukaan peluang besar dan lapangan kerja," imbuhnya.

Sandiaga Kunjungi Desa PandanrejoSandiaga Kunjungi Desa Pandanrejo Foto: Rinto Heksantoro/detikTravel

Selanjutnya --->>> Sandiaga Beri Nama Anak Kambing Etawa

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA