Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Nov 2021 16:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Danau Quarry Rumpin Ini Ada di Bogor, Ada yang Tahu?

Luthfi Hafidz
detikTravel
Danau Quarry Rumpin di Bogor
Danau Quarry Rumpin (Luthfi Hafidz/detikcom)
Jakarta -

Ada sebuah danau yang menarik dikunjungi di Bogor, namanya Danau Quarry Rumpin. Danau ini merupakan bekas pertambangan pasir.

Danau Quarry Rumpin tidak begitu luas. Danau ini berada di Desa Kampung Sawah, Bogor. Danau yang mengandung bahan material batu serta pasir ini terlihat sangat eksotis dan indah. Tidak heran jika danau unik ini menjadi terkenal di kalangan traveller.

Danau ini memiliki banyak nama, salah satunya adalah Danau Quarry Jayamix Rumpin. Diketahui danau ini adalah sebuah danau air tawar yang terbentuk karena bekas kegiatan manusia. Dulunya, lokasi danau ini merupakan bekas lahan pertambangan pasir di bawah pengelolaan PT Jayamix. Perusahaan tersebut khusus untuk pembuatan beton.

Namun, karena proses pertambangan menciptakan getaran di sekitar pertambangan hingga menimbulkan gangguan warga sekitar, akhirnya aktivitas tambang tersebut dihentikan dan dibiarkan. Sisa legokan bekas tambang tersebut pun terisi oleh air hujan dan terbentuklah sebuah kolam yang luas dan berbentuk sebuah danau.

Danau Quarry Rumpin di BogorDanau Quarry Rumpin di Bogor Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Jadi, bisa dikatakan danau ini proses terbentuknya memiliki kemiripan dengan danau bekas tambang lain. Keindahan warna air danau kehijauan, belum lagi keindahan tebing bebatuan yang tertata merupakan daya tarik bagi pengunjung sekedar berfoto di wisata danau Bogor tersebut.

Keunikan dari danau ini adalah warnanya yang hijau berkilauan. Ditambah tebing bebatuan yang mengelilingi danau menjadi spot unik dan menarik untuk berfoto. Pemandangan indah di area sekitar nya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kedalaman danau Quarry Jayamix Rumpin Bogor sekitar 27 meter. Mungkin itulah menjadi salah satu alasan mengapa pengunjung tak boleh berenang di sana.

Danau Quarry Rumpin di BogorDanau Quarry Rumpin di Bogor Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Awalnya, keberadaan danau ini tidak diperhatikan. Namun karena banyak pengunjung mendatangi tempat ini membuat tempat ini terkenal mendadak. Warga lokal pun mengambil alih pengelolaan serta menjaga parkiran.

Sejak kejadian itulah, daerah ini menjadi lokasi wisata bagi warga Bogor dan sekitar, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Pesona danau berair berwarna hijau ini makin indah karena dikelilingi perbukitan.

Cara menuju danau

Akses jalan menuju ke danau Jayamix Rumpin pun bisa dikatakan susah-susah gampang. Sebab traveler bakal melewati jalur dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk besar yang membawa beban berat berupa material pasir dan batu.

Sehingga kondisi jalan sangat memprihatinkan, bahkan belum banyak jalan yang belum diaspal. Rute danau Quarry Rumpin Bogor bisa dilalui melalui simpang tiga Semplak atau pasar Parung menuju ke arah Kecamatan Rumpin.

Bila teman-teman pernah berwisata ke gunung Munara, mungkin bukan hal sulit menemukan lokasi wisata ketika dalam perjalanan. Karena objek wisata danau searah dengan wisata situs gunung Munara.

Dari lokasi pasar Parung lurus saja menuju simpang tiga Rumpin. Setelah melewati simpang tiga, belok ke arah kanan menuju ke BDK-Bogor, Rumpin panjang atau melewati gunung Munara. Lurus saja mengikuti jalan dan jika menemukan plang jalan tertulis PT Lotus SG Lestari dan ikuti saja ke arah PT itu. Bila tak bertemu, kawan bisa bertanya ke penduduk sekitar.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA