Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Nov 2021 05:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kengerian Museum Santet Cirebon, Isinya Artefak Dukun-dukun Sakti

Museum Santet Cirebon
Foto: Kang Ujang Busthomi dan koleksi artefak Museum Santet (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)

Setelah terbang, jin itulah yang nantinya bisa mencelakakan orang. Tentu orang yang akan dicelakai adalah orang yang sudah diincar oleh seseorang yang datang ke dukun santet tadi.

Untuk menghadapi sihir-sihir dan santet seperti itu, Kang Ujang berpesan agar kita tidak perlu takut. Kang Ujang berharap agar kita hanya takut kepada Allah, bukan dengan setan atau jin.

"Orang sekarang-sekarang ini lebih kebanyakan takut terhadap sihir, takut terhadap santet, takut terhadap guna-guna. Mereka tidak takut terhadap Allah Sang Pencipta. Kan kita punya Allah, kenapa harus takut?" kata Kang Ujang.

Menariknya, dari semua dukun santet atau praktisi spiritual yang sudah dihadapi Kang Ujang, dia mengatakan mereka semua tidak ada yang kuat atau sakti. Semuanya sama saja di hadapan Allah SWT.

"Semua tidak ada yang kuat. Yang kuat, yang hebat hanya Allah," ujar Kang Ujang.

Museum Santet CirebonMuseum Santet Cirebon Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Selain patung kayu itu, ada juga gong dan beberapa benda pusaka lain yang dipajang Kang Ujang di Museum Santet miliknya. Rencananya, masih ada banyak lagi benda pusaka yang dipamerkan untuk edukasi kepada masyarakat.

"Ini baru sedikit, di rumah masih banyak. Ada sekitar 1.000 koleksi. Rencananya semua mau dipajang di sini, tapi tempatnya belum ada," Kang Ujang menambahkan.

Kang Ujang memastikan semua artefak yang ada di Museum Santet sudah dinetralkan dari kekuatan gaibnya dan aman untuk dikunjungi wisatawan.

"Insya Allah semua steril. Ini semua sudah kosong tidak ada kekuatan apapun. Tidak ada jin-jin jahat yang merasuk. Saya pastikan 100% kosong," kata dia.

Museum Santet ini merupakan bagian dari wisata Talaga Langit. Lokasinya berada di desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat. Objek wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dengan harga tiket Rp 15.000 per orang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA