Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 02 Des 2021 14:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berkunjung ke Kampung Budaya Sindang Barang: Seperti Kembali Ke Masa Lalu

Luthfi Hafidz
detikTravel
Kampung Budaya Sindang Barang
Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)
Bogor -

Kota Bogor merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, sama halnya dengan Jawa Barat yang memiliki suku asli yaitu Suku Sunda.

Kota Bogor punya masa lalu yang erat dengan suku Sunda pada zamannya. Maka tak heran jika melihat eksistensi masyarakat Sunda di Kota Bogor.

Sejarah masyarakat Sunda di Kota Bogor memang panjang, pada perjalannya berhasil menumbuhkan adat dan budaya Sunda yang masih terjaga hingga saat ini. Salah satu pionir penjaganya adalah desa adat, di Bogor ada Kampung Budaya Sindang Barang sebagai pusat pelestarian budaya masyarakat Sunda.

Kampung Budaya Sindang BarangKampung Budaya Sindang Barang Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Kampung Budaya Sindang Barang bisa menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang mengasyikan bagi para traveler, karena selain dapat berlibur, traveler juga dapat mengenal dan belajar budaya Sunda. Mari kita mengenal lebih jauh Kampung Budaya Sindang Barang, mulai dari letaknya, fasilitas yang tersedia, kegiatan-kegiatan yang terselenggara, hingga sejarahnya.

Perlu diketahui oleh para traveler, yaitu mata pencaharian sebagian besar penduduk kampung ini adalah menjadi pengrajin sendal sepatu dan petani. Di Kampung Budaya Sindang Barang terdapat delapan macam kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya. Di sini terdapat pula situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran berupa bukit-bukit berundak.

Kampung Sindang Barang memiliki suatu tradisi yang rutin dilakukan. Setiap satu tahun sekali diselenggarakan upacara adat 'Seren Taun', yaitu upacara ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen dan hasil bumi yang diperoleh pada tahun ini. Harapannya, hasil panen tahun depan akan lebih baik lagi.

Untuk melestarikan kesenian tradisional, Kampung Budaya Sindang Barang menyelenggarakan pelatihan tari dan gamelan untuk anak-anak muda secara gratis. Anak-anak muda yang telah mahir di bidang kesenian, masing-masing maka akan dilibatkan dalam pementasan menyambut tamu yang tentunya akan menambah penghasilan untuk mereka sendiri.

Selanjutnya, daya tarik Kampung Budaya Sindang Barang

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jalan-jalan ke Bogor Fruit Garden, Cocok untuk Liburan Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA