Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Des 2021 18:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Luar Negeri, Ini Cuma Benteng Portugis Jepara

Dian Utoro Aji
detikTravel
Benteng Portugis Jepara
Benteng Portugis Jepara (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Benteng Portugis ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah. Lokasinya yang berada di tepi pantai layak menjadi tujuan wisata saat akhir pekan.

Lokasi Benteng Portugis ini adalah Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, jaraknya 43 kilometer dengan pusat Kota Jepara. Jika ditempuh dengan berkendara hanya sekitar 1 jam saja.

Jalan menuju Benteng Portugis cukup berkelok. Terutama setelah dari Kecamatan Keling menuju Desa Banyumanis. Namun pemandangan pegunungan dan hijaunya hutan menghiasai jalanan.

Di lokasi wisatawan saat hari Senin sampai Jumat tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Pengunjung hanya membayar biaya parkir kendaraan Rp 5 ribu. Sedangkan akhir pekan pengunjung biaya masuk dan parkir Rp 8 ribu.

Benteng Portugis JeparaBenteng Portugis Jepara Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)

Benteng dibangun di atas sebuah bukit laut dan persis di depannya terhampar pulau Mondoliko. Sehingga wisatawan bisa menikmati pesona pantai dan juga berwisata sejarah benda peninggalan sejak zaman Portugis tersebut.

Manajer Benteng Portugis, Puji Karyanto mengatakan Benteng Portugis dibangun awal kali pada tahun 1632. Hal ini setelah terjadi perjanjian kerja sama antara Sultan Agung Raja Mataram dengan Portugis.

Benteng Portugis JeparaBenteng Portugis Jepara Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)

"Benteng Portugis ini awal kerja sama antara Mataram dengan Portugis segera diadakan dan untuk tahap awal Portugis menempatkan tentara di benteng yang di bangun Mataram pada tahun 1632," kata Puji kepada detikcom ditemui di Benteng Portugis, Jumat (3/12/2021).

Menurutnya fungsi Benteng Portugis ini untuk menjaga lalu lintas pelayaran ke Kota Jepara yang menjadi Bandar utama Mataram untuk ekspor. Namun kenyataan itu tidak bisa secara maksimal. Hingga akhirnya orang Portugis angkat kaki dari Jepara pada 1642.

Benteng Portugis JeparaBenteng Portugis Jepara Foto: (Dian Utoro Aji/detikcom)

"Kenyataan kerjasama Mataram dan Portugis tidak bisa direalisasi untuk tujuan mengusir Belanda di Batavia, bahkan tahun 1642 orang-orang Portugis angkat kaki dari benteng ini karena Malaka sebagai kota utama Portugis di Asia Tenggara justru direbut oleh Belanda pada tahun 1641," terang dia.

Kini kata dia Benteng Portugis menjadi salah satu objek wisata di Kota Ukir. Setiap hari ada wisatawan untuk sekadar berlibur atau menikmati sisa-sisa peninggalan Portugis tersebut.

"Akhir pekan sekitar seribu wisatawan datang ke Benteng Portugis. Dari Juwana, Demak, Kudus dan lainnya," jelas dia.



Simak Video "Viral Pasangan Selingkuh Diamankan Warga di Jepara, Ini Penjelasan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA