Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Des 2021 13:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sudah Tahu? Ini Gunung yang Ada di Pulau Jawa

Lansekap Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing terlihat sangat mempesona dari Gunung Prau. Momen matahari terbit pun seakan membuat nuansa menjadi romantis
Barisan gunung di Pulau Jawa (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pulau Jawa menjadi surganya pecinta gunung. Buat kamu yang mengaku pendaki, ketahui dulu sejumlah gunung yang ada di Pulau Jawa ini.

Saat ini gunung menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, bukan hanya orang Indonesia saja yang ingin melakukan pendakian di gunung Indonesia.
Bahkan orang asing banyak yang berlibur dan melakukan pendakian di beberapa gunung yang ada di Indonesia. Di Pulau Jawa sendiri terdapat banyak sekali gunung yang sangat indah.

Dihimpun detikTravel, Selasa (7/12/2021), berikut sejumlah gunung yang ada di pulau Jawa:

1. Gunung Semeru (Mahameru)

Gunung semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa yang terletak di Kabupaten Lumajang. Memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut dan juga dikenal dengan sebutan Mahameru atau Gunung Agung, gunung ini baru saja erupsi dahsyat.

kondisi Gunung semeru usai keluarkan guguran larvaKondisi Gunung semeru usai keluarkan guguran larva Foto: Nur Hadi Wicaksono

Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Bagi kalian yang ingin mendaki diwajibkan menyiapkan fisik dan mental yang kuat. Keindahan yang dapat kita dapatkan saat mendaki yaitu pada saat kita berada di Ranu Kumbolo yang jadi incaran bagi para pendaki selain untuk mencapai puncak Gunung Semeru.

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet memiliki predikat sebagai atap Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Gunung ini berada di 5 kabupaten, yakni Purbalingga, Banyumas, Pemalang, Tegal, dan Brebes.

Pendakian Gunung Slamet via BambanganPendakian Gunung Slamet via Bambangan Foto: (Vandi Romadhon/detikcom)

Para pendaki biasanya melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Slamet melalui jalur Bambangan yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang masih aktif. Saat sampai puncak, pendaki bisa melihat kawah aktif yang mengeluarkan asap. Bagi para pendaki harus selalu waspada jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Slamet.

3. Gunung Sumbing

Nepal van Java julukan dari Dusun Butuh, yang berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memiliki lanskap yang menarik untuk dikunjungi. Deretan rumah berwarna-warni diketinggian 1.600 mdpl yang berada di kaki Gunung Sumbing itu hampir mirip dengan kontur yang ada di Pegunungan Himalaya, Nepal.Nepal van Java julukan dari Dusun Butuh, yang berada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memiliki lanskap yang menarik untuk dikunjungi. Deretan rumah berwarna-warni diketinggian 1.600 mdpl yang berada di kaki Gunung Sumbing itu hampir mirip dengan kontur yang ada di Pegunungan Himalaya, Nepal. Foto: Kemenparekraf

Gunung Sumbing dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua setelah Gunung Slamet. Gunung ini terletak di 3 kabupaten, yaitu Temanggung, Wonosobo, dan Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Gunung Sumbing memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Kawah, Puncak Buntu, Puncak Sejati, dan Puncak Rajawali. Titik tertinggi puncak gunung ini adalah Puncak Rajawali.

4. Gunung Arjuno

Gunung yang ada di Pulau Jawa selanjutnya adalah Gunung Arjuno. Arjuno merupakan gunung berapi istirahat yang berada di kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Arjuno terletak di antara Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Taman Hutan Raya Raden adalah pengelola Gunung Arjuno.

Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian, Gunung Arjuno memiliki 4 jalur yang bisa dilalui, yaitu Jalur Lawang dari Arah Timur, Jalur Tretes dari Utara Gunung Arjuno, Jalur Batu Arah Barat dan Jalur Purwosari dari Arah Selatan Gunung Arjuno.

5. Gunung Raung

Status Gunung Raung turun menjadi normal (level I). Sebelumnya, gunung setinggi 3.332 mdpl itu berstatus waspada (level II) selama 7 bulan.Gunung Raung foto:Ardian Fanani/detikcom

Gunung Raung terletak di Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya gunung ini meliputi 3 wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Gunung Raung merupakan gunung berapi di Jawa Timur dan memiliki ketinggian setinggi 3.332 mdpl. Gunung Raung memiliki 2 jalur untuk dilalui menuju puncak, yaitu jalur Kalibaru menuju Puncak Sejati dan jalur Waringin menuju Puncak Bayangan.

Selanjutnya: Gunung lain di Pulau Jawa

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA