Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Des 2021 10:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sehari di Grobogan, Ini 4 Wisata Alam Gratis yang Bisa Dikunjungi

Aneka objek wisata alam di Grobogan.
Foto: Manik Priyo Prabowo
Grobogan -

Akhir pekan membuat kita ingin pergi berlibur untuk sejenak melepaskan beban usai bekerja. Kabupaten Grobogan ternyata menyimpan banyak potensi wisata, baik itu wisata alam maupun budaya.

Lantas dimanakah wisata alam yang belum banyak tersentuh oleh wisatawan? Dihimpun detikTravel, Jumat (17/12/2021), kami mencoba menggali beberapa wisata alam yang searah dari Kota Semarang menuju ke pusat Kabupaten Grobogan.

Dari arah barat Kabupaten Grobogan atau Kota Semarang melalui jalur Mranggen kita bisa dapati setidaknya 4 tempat wisata dalam sehari. Simak rangkuman wisata alam yang menjadi legenda, alami dan bahkan menjadi tempat favorit kalangan millenial hingga idaman wisata keluarga di Grobogan.

1. Api Abadi Mrapen

Aneka objek wisata alam di Grobogan.Api abadi Mrapen (Manik Priyo Prabowo/detikTravel)

Yang pertama adalah tempat wisata Api Abadi Mrapen yang berada di Kecamatan Godong. Di sini kita bisa menikmati wisata alami api yang abadi. Bahkan kita bisa menikmatinya dari pagi hingga malam hari.

Untuk memancing api agar tampak jelas, kita perlu mencari media atau barang mudah terbakar yang tak meninggalkan bekas seperti daun, kayu atau bahkan kertas. Usai api nampak membumbung, baru kita berpose layaknya dukun atau bergaya seperti berkemah mengelilingi api.

2. Bendungan Klambu

Aneka objek wisata alam di Grobogan.Panorama Bendungan Klambu (Manik Priyo Prabowo/detikTravel)

Usai perjalanan dari Barat yakni dari arah Kota Semarang atau Kabupaten Demak, maka kita bisa beristirahat sejenak di Bendungan Klambu yang ramai menjadi idola wisata keluarga karena makan siang nan sejuk, rindang dan ramai untuk tempat makan siang.

Hanya layaknya tempat wisata air, Bendungan Klambu belum ada fasilitas water sport atau perahu. Sehingga tempat ini hanya jadi rekomendasi untuk traveler melepas lelah dan makan siang.

3. Air Terjun Mbengkat Indah

Aneka objek wisata alam di Grobogan.Air Terjun Mbengkat Indah (Manik Priyo Prabowo/detikTravel)

Terletak sekitar 7 km dari Tempat Wisata Bendungan Klambu, tempat wisata air terjun dua tingkat ini berada di Desa Taruman, Kecamatan Klambu.

Meski menyimpan potensi wisata alami dan sejuk, tapi tidak ada pengelolaan yang kuat oleh Pemerintah Desa maupun Dinas Pariwisata Kabupaten Grobogan. Bahkan pihak swasta juga belum merangkul potensi pariwisata yang memiliki potensi wisata air terjun ini.

Hanya untuk wisatawan terutama orangtua dan anak-anak, harus hati-hati terutama saat mengunjungi tempat wisata ini di musim penghujan. Sebab, turunan dan tanjakan cukup terjal serta tidak ada anak tangga beton dan pegangan tangan yang kuat permanen.

4. Wisata Hutan Jati Pohon

Aneka objek wisata alam di Grobogan.Wisata Hutan Jatipohon (Manik Priyo Prabowo/detikTravel)

Seperti namanya, banyak sekali pohon jati di lokasi wisata alami ini. Untuk wisata Jati Pohon yang terletak di Desa Jatipohon, Kecamatan Grobogan ini lebih cocok untuk wisata off-road, berkemah di atas bukit, dan juga menikmati matahari terbit atau tenggelam di atas bukit.

Untuk off-road kita bisa menyewa atau membawa mobil kita ke atas bukit. Bahkan jika kita hendak bermalam di atas bukit, kita bisa menyewa tenda yang disediakan oleh pengelola wisata.

Bahkan di akhir pekan, Jati Pohon menjadi tempat berlatih sekaligus menyediakan fasilitas wisata sport air atau olahraga udara Paralayang. Bahkan menjadi tempat latihan atlit Paralayang di Kabupaten Grobogan.

Hanya untuk menjaga kelestarian hutan, jangan buang sampah di sembarang tempat ya. Selamat berlibur, tapi tak boleh lupa prokes!



Simak Video "Grobogan Dilanda Banjir, 205 Rumah Tergenang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA