Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 31 Des 2021 08:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Wisata di Bantul yang Lagi Hits dan Asyik Buat Foto-foto

Tim detikcom
detikTravel
Hutan Pinus Mangunan
Foto: Hutan Pinus Mangunan (Tasya Khairally/detikcom)
Bantul -

Traveler yang doyan foto-foto, rasanya harus liburan ke Bantul, DIY. Setidaknya ada 5 wisata di Bantul yang lagi hits dan asyik buat berfoto ria. Apa saja ya?

Bantul dianugerahi keindahan alam yang menarik banyak wisatawan. Dari hutan pinus cantik, hingga sawah kekinian semuanya ada. Ini 5 wisata di Bantul yang lagi hits buat traveler:

1. Hutan Pinus Mangunan

Berlokasi di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Hutan Pinus Mangunan adalah objek wisata yang cocok didatangi traveler yang suka foto-foto. Ada pepohonan pinus cantik dan berbagai spot menarik di sini.

Memasuki area wisata hutan pinus Mangunan, traveler akan disambut dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Ada beberapa tempat duduk atau spot bermain seperti jembatan jaring.

Hutan Pinus MangunanHutan Pinus Mangunan (Tasya Khairally/detikcom)

Untuk traveler yang mau foto, hutan pinus Mangunan menawarkan jasa fotografer. Nantinya wisatawan akan ditunjukkan spot spot cantik yang cocok jadi latar foto.

Mulai dari jembatan kayu, kursi kayu yang berlatarkan pohon pinus, taman bunga hingga kapal yang berlatarkan keindahan alam dari ketinggian. Tinggal pilih deh kamu mau foto di lokasi yang mana.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo punya pemandangan indah dan aneka kegiatan wisata menarik. Destinasi wisata alam ini berada di Kabupaten Bantul. Lokasinya di sebelah barat Pantai Parangtritis.

Objek wisata ini kerap diburu wisatawan untuk berfoto karena memiliki penampakan yang tak biasa. Orang-orang kerap menyebutnya sebagai Gurun Sahara dari Yogyakarta.

Gumuk pasir parangtritisGumuk pasir Parangtritis Foto: (Eli husen/d'traveler)

Maklum, bentangan pasir di sana memang mirip seperti gurun pasir Sahara di Afrika. Namun jangan salah, Gumuk Pasir Parangkusumo ini sejatinya berbeda dengan gurun dan termasuk langka di dunia.

Gumuk pasir atau istilah geologinya disebut sand dunes merupakan bentukan alam berupa gundukan-gundukan pasir menyerupai bukit yang terbentuk akibat pergerakan angin. Nah, istilah gumuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti gundukan atau sesuatu yang menyembul dari permukaan yang datar.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Tiket masuknya gratis, hanya saja bila ingin melakukan sandboarding, traveler harus menyewa papan seharga Rp 100.000.

Selanjutnya: Sawah Kekinian

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA